Pantai Teluk Penyu, Cilacap

Share Button

Pantai Teluk Penyu adalah suatu objek wisata yang cukup terkenal di daerah Cilacap. Wisata ini mempunyai panorama alam yang sangat indah dengan luas 18ha. Menurut cerita yang berkembang di kalangan masyarakat, pada zaman dahulu banyak penyu-penyu yang hidup dan berkembang biak di pantai ini. Dikarenakan kondisi lingkungannya pun yang tidak terlalu panas sehingga cocok bagi penyu-penyu tersebut. Di samping itu lokasi ini juga jauh dari predator yang mengganggu kelangsungan hidupnya, dan karena keberadaan penyu-penyu itulah pantai ini dinamakan Pantai Penyu. Di sini udaranya sangat sejuk dengan hamparan pasir yang luas. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti sepak bola, jalan santai, lari-lari, ataupun hanya duduk-duduk di sekitar pantai. Selain itu anda juga dapat melihat perahu nelayan yang berlalu lalang dan pohon kelapa yang berjajar rapi. Bagi anda yang gemar memancing, terdapat penyewaan perahu motor yang dapat mengantarkan anda ke tengah laut.

Selain terkenal dengan panoramanya yang indah, pantai ini juga terkenal dengan tradisi sedekah lautnya yaitu ritual tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 1 Syura oleh nelayan setempat. Inti dari ritual tersebut adalah melarungkan kepala kerbau dan sesaji lainnya ke tengah laut. Sebelum dilarung, kepala kerbau dan sesaji ditaruh pada tempat yang disebut jolang. Setelah dilarungkan kemudian para nelayan mengambil air laut yang berada di sekitar jolang dan membasuhkannya ke muka. Usapan air laut tersebut dipercayai sebagai berkah. Tradisi ini adalah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki dan perlindungan berupa keselamatan saat melaut dan penghormatan terhadap Ratu Pantai Selatan, Nyai Roro Kidul.

Untuk menuju Panati Teluk Penyu ini dapat ditemput dari berbagai rute. Untuk masuk kawasan wisata juga dikenakan tiket masuk, dan fasilitas lainnya seperti menyewa perahu nelayan. Untuk fasilitas lainnya yang disediakan di sini seperti mushola, tempat bersantai, gazebo, parkir yang luas, sarana bermain anak-anak, dan kolam pemancingan. Di area wisata ini juga terdapat kios buah-buah an, oleh-oleh khas Cilacap, cenderamata, souvenir, aksesoris dan lampu hias yang terbuat dari kerang. Bagi anda yang ingin menikmati masakan laut, banyak warung sea food yang berjajar menawarkan hidangan yang lezat dengan harga yang pastinya terjangkau. Bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh ikan laut yang dimasak di rumah, terdapat kios yang menjual ikan laut baik ikan asin kering dan ikan segar yang siap dimasak. Tidak jauh dari kawasan wisata ini terdapat beberapa penginapan yang disewakan, bahkan hotel-hotel berbintang sekalipun seperti

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/destination/382-Kabupaten-Cilacap
Share Button

One thought on “Pantai Teluk Penyu, Cilacap

  1. Pantai selatan kerap disandingkan degan mitos Nyai Roro Kidul lengkap dengan gulungan ombak yang besar. Mitos itu menjadi misteri tersendiri bagi orang yang percaya. Justru keunggulan lokasi itu adalah panorama yang sedap dan indah dipandang mata. Bahkan obyek wisata itu mampu memanjakan para wisata yang datang berkunjung menilmati kedahsyatan laut “Kidul” yang sangat eksotis. Obyek wisata ini tidak sekedar menawarkan pesona pantai dan hiruk pikuk khas perkampungan nelayan, namun juga memiliki lahan seluas 18 hektar yang menawarkan sensasi kuliner, seafood segar denga latar belakang pulau Nusa Kambangan. Wisatawan bisa menyusuri obyek wisata Benteng Pendem bekas markas pertahanan kolonial Belanda. Lokasinya satu komplek dengan Pantai Penyu. Selain terkenal panorama alamnya yang indah, Pantai Teluk Penyu juga dikenal dengan tradisi sedekah lautnya, yaitu ritual tahunan yang diselenggarakan setuap tanggal 1 Syura melarung kepala kerbau dan sesaji lengkap ubarampenya. Tradisi ini juga sebagai wujut penghormatan kepada Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>