Pasar Sukowati, Bali

Share Button

Pasar Sukawati adalah pasar yang sangat terkenal di Bali bahkan di pelosok dunia. Pasar ini terletak di Desa Sukawati, Gianyar. Kurang lebih 18km dari Kota Denpasar Bali dan dapat ditempuh kira-kira 30menit menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. 30km dari wilayak Kuta dan kurang lebih 90menit perjalanan yang ditempuh jika dari Bandara Ngurah Rai, Bali. Sangat terkenal karena menjual pakaian dan kerajinan tradisional khas Bali dengan harga yang terjangkau. Pakaiannya seperti Batik yang berkhas kan Batik ornament Bali. Selain itu juga dijual beberapa celana maupun baju yang dapat anda gunakan di Bali langsung yang harganya relative lebih murah dibandingkan tempat yang lainnya di daerah Bali. Semua harga yang diberikan oleh penjual dapat anda tawar. Jadi lebih pintar-pintar saja untuk menawarnya, kurang lebih 1/3 dari harga. Jika ingin sukses untuk menawar harga, maka sebaiknya anda datang pada saat kios atau pasarnya baru buka, biasanya pagi hari. Karena kepercayaan orang Bali sendiri pada saat baru buka dagangan langsung dibeli oleh pembeli.

Selain pakaian yang anda beli disini, anda juga dapat melihat-lihat beberapa lukisan yang ditawarkan, seperti lukisan naturalis atau abstrak. Harga yang ditentukan pun juga beraneka ragam. Harga ditentukan oleh ukuran lukisan atau pun makna lukisan tersebut sendiri. Bisa membeli dengan bingkai ataupun tanpa bingkai, sesuai selera anda. Biasanya barang atau dagangan yang sering diburu oleh turis asing adalah baju oblong khas Bali yang bergambar tokoh-tokoh wewayangan Bali. Untuk oleh-oleh kerajinan lainnya seperti gantungan kunci, tas, sandal santai juga bisa anda cari di sini. Pasar Sukawati adalah surge belanja di Pulau Bali. Tempat atau lokasi yang sangat cocok untuk membeli cinderamata khas dari Pulau Dewata.

Pasar Sukowati sendiri memiliki tiga tempat yaitu Pasar Sukowati 1, Sukowati 2, dan Sukowati3, namun lokasi yang paling ramai dan paling lama berdiri adalah Pasar Sukowati 1. Letak nya juga saling berdekatan antara satu sama lain. Pasar ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Hari minggu pun tetap buka, biasanya kalau Hari Raya Nyepi atau Galungan pasar ini baru tutup.

Jika anda berlibur ke Pulau Bali, tidak ada salah nya untuk membeli cedera mata buat keluarga anda di pasar Sukowati sendiri, karena harganya yang relative lebih murah dibandingkan tempat pertokoan yang lain. Letaknya pun sangat strategis dekat dengan beberapa tempat wisata maupun penginapan bahkan hotel, seperti :

 

Referensi :

 

  • http://www.rentalmobilbali.net/pasar-sukawati/
  • http://travel.detik.com/read/2012/02/18/113448/1845720/1025/pasar-seni-sukawati-surga-belanja-di-bali
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 1 = three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>