Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Share Button

air panas tita sanita cisengSebagai kota hujan, Bogor tidak hanya memiliki kawasan puncak sebagai desinasi wisatanya. Di tengah dingginnya suasana Bogor, ada salah satu tempat wisata yang patut anda datangi bersama keluarga, yakni kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Kolam air panas ini termasuk dalam area gunung kapur wilayah Parung, Bogor. Berada tak jauh dari Jakarta, hanya 2 jam perjalanan, tempat wisata ini cocok anda datangi bersama keluarga. Anda yang berada di Tangerang, juga begitu dekat dengan kawasan Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, hanya 40 menit perjalanan dari Serpong. Sebagaimana namanya, Air Panas Tirta Sanita Ciseeng berlokasi di desa Ciseeng, kecamatan Parung, Bogor, tepatnya di Jalan Cogreg.

air panas tita sanita ciseng3Begitu tiba di Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, anda akan disambut dengan pemandangan hamparan pepohonan hijau dengan suasana pedesaan yang masih asri. Pepohonan ini juga berfungsi untuk melindungi pengunjung dari teriknya matahari ketika berendam siang hari. Keindahan bukit kapur ciseeng juga bisa anda saksikan. Bebatuan putih yang menutupi bukit tersebut juga menghiasi beberapa sudut pemandian. Warna putih pada bebatuan tersebut berasal dari kandungan belerang pada bukit tersebut. Sebuah tangga batu berukuran kecil yang mulai tampak rusak dapat anda gunakan untuk mendaki bukit tersebut dan menikmati pemandangan dari atas bukit. Tampak kolam air terbuka yang digunakan bersama berwarna putih kehijauan.

air panas tita sanita ciseng2Dengan luas lahan mencapai 8 hektar dengan background pemandangan alam yang asri, berendam di Air Panas Tirta Sanita Ciseeng menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bukit kapur sumber air panas tersebut menghasilkan air belerang alami yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh manusia. Sebagaimana yang diungkapkan oleh tim peneliti dari Thai Engineering Materials Analysis C. Ltd (TEMAC) bahwa air belerang di pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dapat meningkatkan kesegaran dalam tubuh. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai pengobatan pada beberapa penyakit, baik itu penyakit kulit, tulang, atau pun penyakit yang lainnya. Selain mengandung belerang, Air Panas Tirta Sanita Ciseeng juga mengandung garam yang bermanfaat menjadikan kulit lebih mulus usai berendam.

IMG-20110827-01180Jika anda risih untuk mandi dalam kolam terbuka, manajemen Air Panas Tirta Sanita Ciseeng menyediakan bilik-bilik tertutup yang bisa anda gunakan mandi. Tersedia kelas VIP dan biasa yang hanya bisa digunakan untuk satu orang. Bilik-bilik tersebut tidak bisa digunakan bersama-sama meski anda pasangan suami istri. Pemandian VIP berada di sebelah jembatan dan wahana flying fox. Sebuah kolam yang asri dengan bunga teratai merah berada di dalamnya. Anda bisa berendam di bak VIP ini selama 20 menit dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp.15.000 per orang. Selain berada di kolam yang asri, anda juga akan mendapatkan air minum dan tersedia kran air tawar untuk membasuh diri. Namun agar air belerang tersebut memberikan hasil yang optimal sebaiknya ada tidak langsung membilasnya selama beberapa jam.

air panas tita sanita ciseng1Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah dan kolam pemandian penuh manfaat, kawasan  Air Panas Tirta Sanita Ciseeng juga menyediakan beberapa fasilitas lain hingga menjadi kawan rekreasi yang menyenangkan. Tersedia berbagai permainan outbond dengan berbagai wahana permainan, mulai dari high rope, bola air, flying fox, fun kart, motor cross, sepeda air, monorel, fancy trans, motor ATV, paintball, rumah balon, pesawat, hingga bombom car. Khusus anak-anak disediakan kolam renang anak-anak. Anda juga bisa merasakan manfaat dari terapi ikan. Sebuah lapangan utama dan gedung serbaguna juga sering dimanfaatkan dalam penyelenggaran acara-acara tertentu.

Batu-Belerang-Tirta-Sanita-Ciseeng-300x225Jadi jika anda berecana menhabiskan liburan bersama keluarga, tak ada salahnya untuk berendam di Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Untuk tiket masuknya hanya 10.000 Rupiah bagi dewasa dan 12.000 Rupiah di hari libur. Sedangkan anak-anak hanya dikenakan 8.000 Rupiah. Sebaiknya anda membeli tiket resmi di pintu masuk Air Panas Tirta Sanita Ciseeng untuk menghindari para calo tiket yang menjual tiket seharga 40.000 Rupiah. Untuk parkir anda hanya akan dikenakan 3.000 Rupiah untuk motor dan 5.000 Rupiah untuk mobil. Sedangkan bus dikenakan parkir sebesar 10.000 Rupiah. Untuk berendam di kolam terbuka anda hanya akan dikenakan tarif sebesar 5.000 Rupiah per orangnya. Sedangkan untuk masuk ke bilik tertutup kelas biasa anda harus membayar 10.000 Rupiah untuk berendam selama 20 menit. Tarif wahana permainan di sana berkisar antara 5.000 Rupiah hingga 50.000 Rupiah per permainan. Untuk outbond anda harus membayar 25.000 Rupiah hingga 35.000 Rupiah bergantung jenis permainannya.

tempat santaiFasilitas yang disediakan pemandian air panas yang buka sejak pukul 07.00 – 20.00 WIB ini juga cukup lengkap, termasuk penginapan. Anda bisa menyewa pesanggrahan dengan tarif 130.000 Rupiah – 150.000 Rupiah untuk 6 jam. Atau jika anda ingin bermalam harus membayar 70.000 Rupiah – 200.000 Rupiah per malam untuk dua orang dalam setiap kamar. Namun tersedia alternatif pilihan berbagai hotel murah di Bogor yang bisa anda gunakan untuk menginap bersama keluarga, seperti Santika Bogor atau Hotel Wisma Pakuan. Anda juga bisa menginap di hotel murah di Tangerang di kawasan Serpong seperti Santika BSD City Serpong dan Famehotel Gading Serpong. Jika anda menginap di hotel di Jakarta seperti D Arcici Hotel Cempaka Putih jangan lewatkan pula untuk mengunjungi kawasan pemandian air panas ini.

Refrensi:

http://jalan2.com/city/bogor/tirta-sanita-bukit-kapur-ciseeng/

Wisata Bogor – Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng


http://www.thearoengbinangproject.com/air-panas-tirta-sanita-ciseeng-bogor/

Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.