Pilihan Tujuan Wisata Kala Puasa

Share Button

selamat-puasa-1433-h1Puasa memang bukan menjadi alasan bagi anda untuk tidak bepergian. Sebagaimana tips yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, jika kita bisa mempersiapkan diri dengan baik dan memilih tempat wisata serta waktu yang tepat, liburan tetap bisa berjalan dan puasa tetap lancar. Nah berikut ada beberapa pilihan tempat wisata yang bisa anda kunjungi sebagai destinasi liburan kala puasa.

1. Wisata Religi

Masjid Kuba Emas 5Indonesia memiliki sejumlah makam para wali yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam. Misalnya di Surabaya terdapat makam Sunan Ampel dengan pesona perkampungan Arabnya yang unik. Jadi sembari berziarah anda bisa mendapatkan pengalaman lain yang tak kalah dengan berwisata alam. Di Lombok juga ada makam Batu Klayar yang lokasinya berdekatan dengan pantai nelayan, Batu Klayar. Berwisata religi sekaligus berwisata alam bisa anda lakukan di sana. Anda pun bisa berburu berbagai kuliner khas Arab di sini. Selain mengunjungi makam para wali, anda juga bisa mengunjungi sejumlah masjid seperti Masjid Al-Akbar Surabaya, Masjid Istiqlal, dan masih banyak lagi. Sejumlah masjid tersebut memiliki desain arsitektur yang cukup unik dan megah. Bahkan di Masjid Agung Jawa Tengah anda juga bisa sekaligus berwisata sejarah karena di sana banyak menyimpan peninggalan para wali. Jadi sambil jalan-jalan menikmati arsitektur masjid, anda juga bisa sekalian menambah amal ibadah dengan sholat, mengaji di masjid tersebut.

2. Wisata Museum

3D-trick-art01Berkunjung ke museum tidak melulu membosankan kok. Jika anda bosan dengan museum yang memuat benda bersejarah atau museum seni, di Bali ada banyak museum yang menawarkan koleksi yang unik dan bisa menjadi spot foto yang menarik. Sebut saya museum kartun yang memajang berbagai kartun untk anda pecinta seni 2D ini. Puas berkeliling di museum kartun, anda bisa berbelanja di Jangkrik 88 yang menjual kaos dengan desain kartun tersebut. Ada pula Musuem Trick Art 3D yang memajang berbagai lukisan 3D sehingga mampu menciptakan ilusi visual yang menakjubkan. Sementara di Malang ada Museum Angkut yang memajang berbagai transportasi dari berbagai zaman dan negara. Karena museum merupakan area indoor, jadi anda tidak perlu khawatir kepanasan dan takut cepat lelah. Jadi puasa tetap lancar selfie terus lanjut 😉

3. Wisata Belanja

Pasar Beringharjo 2Jelang lebaran, barang-barang kebutuhan pokok pasti pada naik, terutama untuk kebutuhan lebaran seperti baju dan kue. Nah, anda bisa menyiasatinya dengan berbelanja lebih awal. Selain bisa mendapatkan harga murah, barang yang ditawarkan juga lebih bagus dengan model terbaru. Biar bisa mendapatkan yang lebih murah lagi, anda bisa membeli di pasar tradisional atau pusat grosir, seperti Pasar Tanah Abang Jakarta, Pasar Baru Trade Center, atau Pasar Turi Surabaya. Ada pula pasar baju bekas dimana anda bisa mendapatkan sejumlah fashion branded dengan harga murah, seperti di Pasar Cimol Gedebage Bandung.

4. Wisata Kuliner

kulinerBulan Ramadhan waktunya menikmati beragam kuliner baru karena ada banyak tempat dadakan yang menawarkan banyak kuliner. Anda pun bisa menunggu waktu buka atau nagbuburit bersama teman atau keluarga dengan menjelajahi berbagai pusat kuliner.

Bagaimana, banyak bukan aktivitas wisata yang bisa dilakukan meski sedang berpuasa 😉 Jadi jangan takut gak bisa traveling selama puasa karena banyak hal yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, bahkan banyak tempat yang bisa dikunjungi kala Ramadhan, seperti pasar dadakan tadi. Semoga informasi ini bisa menjadi refrensi untuk aktivitas liburan selama ramadhan nanti ya 🙂

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.