Pantai Kuta, Lombok

Share Button

Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu objek wisata yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai berpasir putih ini terletak di sebuah desa yang bernama Desa Kuta. Saat ini Kuta menjadi tempat tujuan wisata yang sering dikunjungi wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Selain keindahan alamnya yang dapat anda nikmati, di sini juga satu kali dalam setahun di adakan Upacara Sasak atau yang biasanya disebut Upacara Bau Nyale.

Di dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda atau cerita masyarakat, dahulunya ada seorang putri yang bernama Putri Mandalika yang sangat cantik, banyak pangeran dan oemuda yang ingin menikahinya. Karena ia tidak dapat menentukan pilihan, maka ia terjun ke air laut. Sang putri berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun.

Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.
Di pagi hari pemandangannya sangat menakjubkan yang dapat dilihat dari puncak perbukitan. Selain itu banyak terdapat pantai-pantai yang tak kalah menariknya di sepanjang Pantai Selatan diantaranya seperti Pantai Seger, Aan, Selong Belanak, Mawi, Rowok dan Mawun.

Bisa digunakan sebagai lokasi untuk selancar angin maupun olahraga patai lainnya. Setiap tanggal 20, bulan 10 dalam perhitungan penanggalan Sasak biasanya diadakan ritual penyambutan Bau Nyale. Bau sendiri dalam bahasa daerah Sasak berarti menangkap, dan Nyale adalah sebuah nama cacing kecil yang biasanya hidup di bebatuan.

Konon menurut legenda rambut sang putrid lah yang menjelma menjadi cacing.
Keindahan alam yang ada di Pantai Kuta memang masih terjaga dengan baik dan masih alami. Pantai ini terkenal karena ukuran pasir pantainya yang unik dan berbutir kasar.

Pasir pantainya juga menyerupai butiran merica sehingga tidak jarang yang menyebut pantai ini sebagai Pantai Merica. Keunikan ini bisa anda rasakan dengan berjalan kaki di sepanjang pantai tanpa menggunakan alas.

Butiran pasir yang besar akan terasa memijat kaki sepanjang anda menyusuri Pantai Kuta. Tempat wisata ini terkenal dengan tempat berselancarnya dan masih banyak lagi spot yang tersembunyi.

Biar mudah berwisata ke tempat ini, anda bisa mengikuti paket tour Lombok agar seluruh akomodasi  dapat diatur dengan mudah dan anda tinggal menikmati.

Banyak penjual makanan berada di luar area pantai. Bahkan penginapan pun juga banyak disediakan, mulai dari penginapan yang disediakan penduduk setempat ataupun lembaga. Namun jika anda ingin menginap di hotel berbintang anda tidak perlu khawatir, karena banyak hotel berbintang yang terdapat di sekitar pantai seperti:

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Kuta,_Lombok
  • http://lomboktourplus.com/blog/wisata-pantai-kuta-lombok-2/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.