Pulau Sikuai, Padang

Share Button

Pulau Sikuai adalah salah satu pulau yang letaknya di sisi barat Pulau Sumatera. Secara administrasi pemerintahannya, pulau ini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kaung, Padang, Sumatera Barat. Pulau ini berada di sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan bisa dicapai dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal, dengan melalui Pelabuhan Muara dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dari Dermaga Airud Bungus dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Memiliki luas 44,4 Ha yang termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan memiliki pantai pasir putih dan masih memiliki hutn tropis yang masih alami. Karena termasuk daerah tujuan wisata, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pihak swasta yang sudah memfasilitasi pulau ini dengan banyak penunjang.
Setelah anda puas menikmati keindahan laut, anda akan sampai di dermaga kecil Pulau Sikuai. Pengunjung akan disambut dengan segarnya air kelapa muda, seolah mengucapka selamat datang kepada para tamu dan setelah itu keajaiban demi keajaiban akan dimulai. Ada beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan disini seperti, berenang, snorkeling, diving, banana boat, jet ski atau seawalker meskipun hanya sekedar menyusuri pantai atau mengumpulkan kerang-kerang unik bagi anda yang hobi mengoleksi benda-benda laut.
Jika telah melakukan aktifitas yang anda inginkan, anda bisa berkeliling Pulau Sikuai dengan bersepeda. Anda bisa menyewanya di resort sekitar pantai ini. Bersepeda dengan menikmati pemandangan laut dan hamparan hutan yang sangat hijau serta beraneka satwa liar seperti monyet dan burung akan menjadi pngalaman yang menarik. Sore hari akan ditutp dengan cantiknya sunset di Pulau ini. Anda juga dapat menaiki bukit kecil yang berada di tengah-tengah pulau dengan melewati puluhan anak tangga. Jiwa anda akan bergetar dengan menyaksikan sunset yang indah dengan warnanya yang keemasan.
Disini juga menyediakan perahu jukung di saat keadaan sedang sepi, tetapi kalau saat ramai mereka menyediakan boat yang pastinya memerlukan biaya extra dengan waktu yang lebih cepat. Tidak heran bila Sikuai menjadi spot favorit untuk para pecinta laut. Masalah peralatan nya juga ada tempat persewaannya sendiri.
Lelah bermain dan jalan jalan di Pantai ini, kini saatnya untuk beristirahat. Untuk keperluan akomodasi, mini resort sudah menjadi pilihan yang tepat. Namun jika anda ingin menginapnya di hotel biasa, atau sampai hotel berbintang seperti:

Referensi :

  • http://www.travel.diengplateau.com/2012/04/surganya-sumatera-barat-sikuai-island.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Sikuai
Share Button

One thought on “Pulau Sikuai, Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 2 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>