Pura Besakih, Bali

Share Button

Pulau Dewata atau Bali sangat dikenal dengan Pulau Seribu Pura karena terdapat hampir lebih dari 11.000 bangunan pura dan kononnya jumlah puranya melebihi rumah julah penduduk. Salah satu pura terbesar disini adalah Pura Besakih yang terletak di kaki Gunung Agung atau gunung tertinggi di Bali yang tepatnya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Lokasi  pura ini dipilih karena lokasi ini dianggap suci. Dalam bahasa Jawa Kuno, besakih mempunyai  arti ‘’Selamat’’ selain itu nama Besakih sendiri dikaitkan dengan Naga Basuki yaitu sosok naga yang menjadi bagian dari keyakinan masyarakat di lereng gunung sendiri. Oleh karena itu jika anda kesini, anda diharuskan menggunakan sarung khas Bali yang sudah disediakan.
Pura Besakih adalah kompleks tempat peribadahan umat Hindu yang terdiri dari 22 bangunan pura. Menurut perkiraan para ahli proses pembuatan pura ini memakan waktu seribu tahun hingga mencapai bentuknya seperti sekarang. Di sekitar kompleks banyak terdapat menhir, tahta batu, dll. Pura ini dibangun dengan konsep Tri Hita Kirana yaitu konsep keseimbangan antara manusia, alam dan Tuhan. Penataan bangunannya pun disesuaikan dengan arah mata angin agar struktur bangunannya dapat mewakili alam. Tiap arah mata anginnya disebut mandala. Di kompleks Pura Besakih ini sering diadakan berbagai macam ritual agama Hindu dan akan mencapai puncaknya pada perayaan tiap seratus tahunnya Pura Besakih sendiri. Selain anda bisa menikmati peninggalan sejarah atau arsitektur lainnya, disini anda juga bisa dengan mendaki Gunung Agung.
Banyak makna filosofis yang terkandung di dalam Pira Besakih ini yang mengandung unsur-unsur kebudayaan seperti:

  • Sistem pengetahuan
  • Peralatan hidup dan teknologi
  • Organisasi sosial kemasyarakatan
  • Mata pencaharian hidup
  • Sistem bahasa
  • Religi dan upacara
  • Kesenian

Ketujuh unsur tersebut merupakan kebudayaan yang harus diwujudkan dalam bentuk budaya ide, aktifitas, dan wujud budaya material. Untuk menuju lokasi wisata ini, anda dapat memulai perjalanan dari  Kota Denpasar dengan jarak kurang lebih 25km ke arah utara. Atau dengan alternative lain dari Kota Semarapura . Banyak fasilitas yang disediakan disini seperti adanya lahan parkir yang sangat luas yang bisa menampung berbagai macam kendaraan, kios-kios yang menjual kerajinan atau cendera mata, berbagai macam warung makan. Apabila anda memerlukan penginapan atau losme, anda tidak perlu khawatir karena disekitar lokasi ini banyak disediakan, sampai hotel-hotel berbintang seperti:

Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pura_Besakih
  • http://www.wisatamelayu.com/id/object.php?a=N2dIL3c%3D=&nav=cat
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 × = sixteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>