Pura Bukit Sari Sangeh, Bali

Share Button

Pura Bukit Sari Sangeh terletak di Desa sangeh, Kabupaten Badung yang merupakan cagar alam yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki pesona wisata hutan yang banyak dihuni oleh ratusan kera ditumbuhi tanaman pala. Objek wisata ala mini juga memiliki beberapa misteri dibalik keindahannya.

Menurut pengelola wisata alam sangeh ini kera yang ada di dalamnya memiliki beberapa kelompok yang masing-masing kelompok memiliki satu pemimpin atau bisa dibilang raja kera.

Di tempat raja kera ini tinggal terdapat sebuah pura yang sangat terkenal kesakralannya yaitu Pura Bukit Sari. Kera yang hidup di tengah rerimbunan tanaman pala yang konon dikatakan telah berumur ratusan tahun bahkan diantara pohon pala tersebut konon ada yang berumur lebih dari tigaratus tahun.

Keindahan pohon palayang tumbuh di tuhan ini, selain tumbuhnya lurus pohon pala juga memiliki kayu yang sangat bagus. Selain pohon pala masih ada tanaman yang terkenal di hutan Sangeh.

Masyarakat setempat biasa menyebutnya pohon lanang wadon, karena bagian bawah pohon itu berlubang sehingga menyerupai alat kelamin perempuan sedangkan ditengah lubang tersebut tumbuh batang yang mengarah ke bawah yang terlihat seperti alat kelamin pria.

Pohon itu tumbuh persis di pelataran depan tempat wisata Sangeh dan sebenarnya merupakan pohon pule.

Terkait kera-kera Sangeh, dahulu memang dikenal sangat liar dan seringkali mengganggu para pengunjung. Kera sangeh juga dikenal sangat jahil karena sering mengambil barang-barang milik pengunjung.

Namun sekarang kera-kera tersebut tidak lagi seliar dan sejahil dahulu karena kera-kera tersebut sudah diurus dengan baik. Di Pura Bukit Sari ini terdapat tidak kurang dari 36 bangunan suci. Ada palinggih utama dan ada pelengkap. Ada Pelinggih Padmasari penyawangan Ulun Danu Beratan.

Tempat wisata ini juga sangat terkenal di Bali, keindahan alamnya yang masih khas dengan suasana pedesaan juga bisa jadi pendukung masih ramainya pengunjung atau wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi paket tour Bali mereka.

Anda pun tidak perlu khawatir jika ingin berlibur di Sangeh ini karena letaknya yang strategis dan mudah dijangkau dari tempat wisata manapun. Bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi. Jika ingin berlibur beberapa hari di Bali, janganlah melewati berlibur ke Pura Bukit Sari Sangeh ini karena lokasinya pun dekat dengan beberapa penginapan atau pun hotel murah di Bali.

Referensi :

  • http://e-kuta.com/blog/tempat-wisata/bersafari-melihat-kera-kera-di-sangeh.htm
  • http://sewabusbali.com/tempat-wisata/sangeh.html
  • http://pesonaindonesia.com/sejarahbudaya/pura/bali/33-pura/83-purabukitsarisangehbali.html
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.