Pura Goa Lawah, Bali

Share Button

Pura Goa Lawah salah satu objek wisata di Bali yang merupakan perpaduan antara gunung dan laut yang menambah keindahan di tempat ini. Goa ini terletak di sekitar 49km dari Kota Denpasar, Kecamatan Dawan, Klungkung atau sekitar 10km di sebelah timur Kota Semarapura.

Perkiraan didirikan pada abad ke 11 oleh Mpu Kuturan. Puran yang dihuni oleh ribuan kelelawar ini termasuk Kahyangan Jagad atau Sad Kahyangan ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing ataupun domestik ketika mengikut paket wisata Bali.

Pengemong Pura Goa Lawah ini ada Kramadesa Adat Pesinggahan. Pada bulan-bulan dan hari-hari baik umat Hindhu banyak berdatangan kesini. Disini mereka melakukan upacara Nyegara Gunung karena lokasinya yang berada di tepi pantai dan di pegunungan.

Hanya beberapa meter saja di sebelah selatan Pura ini terdapat pantai sedangkan gunung itu sendiri diwakili oleh perbukitan dimana pura dan goa ini berada. Mitosnya goa ini bisa tembus ke Gunung dan diperkirakan merupakan bekas aliran sungai bawah tanah.

Upacara Nyegara Gunung merupakan suatu upacara kelanjutan dari upacara Pitra Yadnya dalam ini tingkatan Nyeka, Makumur sampai Maligia Punggel. Selain acara Nyegara Gunung sendiri diselenggarakan karena kaitannya dengan upacara Dewa Yadnya.

Berkaitan dengan penyelenggaraan pemeliharaan pura secara niskala atau rohaniah, di pura ini juga diselenggarakan upacara Piodalan atau Pujalawi setiap 210 hari sekali. Sementara dalam pemeliharaannya secara fisik serta pengembangannya, pura ini hendak mengikuti tata pemeliharaan dan pengembangan sebuah Pura Kahyangan.

Orientasi persembahyangan di Pura Goa Lawah ini harus kea rah utara dan di atas perbukitan juga terdapat sebuah Pura Yakni atau Pura Puncak Sari. Areal pura ini dibagi menjadi Tri Mandala atau Jeroan sebagai utama mandala dimana Goa ini berada dengan beberapa Pelinggih utama. Jaba Tengah sebagai madya amndala yang diisi dengan beberapa pelinggih dan Jaba Sisi adalah pantai yang dipisahkan dengan jalan Semarapura.

Memang pura ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena selain sebagi tempat wisata di goa ini juga digunakan sebagai tempat persembahyangan. Disini banyak memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti Parkir, Wantilan, Unior, Toilet, Semua fasilitas ini selalu ditata rapi dan selalu diusahakan dalam keadaan bersih. Selain itu banyak juga terdapat kios-kios penjual souvenir ataupun rumah makan.

Anda juga tidak perlu susah mencari penginapan disini karena banyak hotel di sekitar seperti:

Referensi:

  • http://www.klungkungkab.go.id/main.php?go=goalawah

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.