Ranu Kumbolo – eksotika di kaki Semeru

Share Button

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Semeru, salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur ini berada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Bagi mereka yang menyenangi kegiatan pendakian, tentu tak akan merasa asing lagi dengan nama danau yang satu ini.

Danau ini juga menjadi salah satu camping ground sebelum meneruskan pendakian ke puncak Semeru. Ranu kumbolo sendri menyimpan keindahan tersendiri, keindahan yang tak kalah mempesona jika dibandingkan dengan puncak Semeru sendiri.

Lokasi ini sebenarnya bisa dimasukan menjadi salah satu objek wisata yang sangat menarik. Namun, objek ini tidak ditetapkan menjadi satu objek wisata sendiri. Keberadaan ranu kombolo sendiri memang di kaitkan erat dengan keberadaan pendakian Semeru.

Ranu kumbolo bisa dibilang memiliki keadaaan alam yang masih perawan, hal ini dikarenakan meskipun banyak pendaki yang datang dan singgah ke lokasi ini. Namun, tidak banyak pengarush yang mereka berikan terhadap kondisi alam sekitar sehingga bisa dibilang kondisi ini masih cukup bagus.

Untuk datang dan menikmati lokasi ini emmang bisa dibilang memerlukan usaha yang tersendiri. Namun, setiap usaha yang kita lakukan akan terbayar dengan keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh objek wisata yang satu ini.

Banyak orang yang datang ke lokasi ini dengan berbagai tujuan. Ada yang memang mengkhususkan hanya datang ke ranu kumbolo, ada pula yang datang ke ranu kumbolo untuk juga mendaki puncak semeru. Biasanya yang memang sengaja datang ke area Ranu Kumbolo adalah mereka yang memeiliki kepentingan khusus, seperti menjadikan lokasi ini sebagai lokasi foto Prawedding.

Lokasi ini memang cukup terkenal untuk dijadikan sebagai tempat lokasi foto prawedding, meskipun itu tadi usaha yang dibutuhkan juga cukup besar. Tapi, sepertinya usaha yang cukup besar itu tidak terlalu mempengaruhi dikarenakan memang lokasi ini adalah lokasi yang spesial.

Danau Ranu Kumbolo

Ranu kumbolo sendiri memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Ranu Kumbolo diantaranya :

  1. Ranu Kumbolo sendiri terletak di lokasi yang cukup tinggi lebih tepatnya terletak pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut serta memiliki luas sebesar 10 hektar. Dengan ketiggian inilah yang menyebabkan suhu udara di lokasi ini bisa dibilang cukup dingin. Jadi siapkan jaket tebal kalo mau kesini
  2. Sumber mata air yang terdapat di Ranu Kumbolo merupakan salah satu dari sekian banyak sumber mata air yang terdapat di kawasan pegunungan Tengger dan Semeru. Sumber-sumber ini menjadi sumber air utama bagi penduduk di kawasan tersebut. Oleh sebab itu terdapat larangan keras untuk tidak mengotori dan merusak kawasan sekitar sumber air dan sumber air tersebut. Hal ini disebabkan jika sumber air rusak akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup penduduk sekitar
  3. Saat matahari terbit maka suasana di Ranu Kumbolo akan menjadi sangat cantik. Cahaya matahari pagi yang hangat diantara semilir udara dingin yang menyelaputi daerah tersebut akan menambah suasana semakin syahdu kala pagi hari. Apalagi dengan selaput kabut tipis serta kicau burung pagi hari. Hal ini akan menyambut kalian jika berkemah di area ranu kumbolo.
  4. Jarak yang akan kita tembuh untuk mencapai ranu kumbolo sendiri bisa dibilang cukup jauh. Serta waktu yang kita butuhkan pun bisa dibilang cukup lama. Sejak dari titik pendakian pertama maka kita akan membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mencapai titik lokasi ini. Hal ini dikarenakan jalur yang kita tempuh bisa dibilang cukup menantang untuk di lalui dan membutuhkan kewaspadaan pula. Namun, waktu yang 5 jam tersebut tak aka terlalu berpengaruh dengan apa yag akan kita dapatkan saat kita mencapai lokasi tersebut.
  5. Salah satu lokasi yang sangat menarik di area Ranu Kumbolo adalah sebuah tanjakan yang di beri nama Tanjakan cinta. Tanjakan ini juga menjadi tempat favorit bagi para pendaki.
  6. letak dari Ranu kumbolo sendiri bisa dibilang sangat strategis. Hal ini dikarenakan lokasi dari Ranu Kumbolo yang dikelilingi oleh banya sekali puncak-puncak perbukitan yang seakan-akan seperti mengurung lokasi ini. Selain itu memang kontur geografis dari ranu kumbolo sendiri yang mamang merupakan sebuah cekungan.

Meskipun banyak keindahan yang terdapt di lokasi ini, namun banyak juga cerita mistis yang tersebar di daerah ini. Cerita-cerita tersebut tersebar baik melalui para pendaki yang pernah melewati daerah tersebut, namun juga tersebar di antara sekitar tersebut.

Tetapi, banyaknya cerita yang tersebar tidak mengurangi minat para pengunjung yang ingin datang dan menikmati keindahan Ranu kumbolo.

Kejernihan air danau di Ranu Kumbolo

Bahkan ada beberapa orang yang memang datang ke daerah tersebut dengan maksud-maksud tertentu di luar maksud untuk mendaki dan menikmati keindahan Ranu Kumbolo. Lokasi ini akan sangat ramai apabila bertepatan dengan waktu-waktu pendakian.

Biasanya akan ramai pada saat awal tahun atau akhir tahun,serta apabila ada hari libur yang cukup panjang. Jika berminat untuk menikmati kesunyian Ranu Kumbolo ini, mungkin bisa datang di luar waktu-waktu tersebut.

Banyak paket wisata yang ditawarkan oleh berbagai agen perjalanan. Namun, paket –paket tersebut kebanyakan adalah paket yang menjadi satu dengan paket pendakian Gunung Semeru. Dan peminat dari paket-paket tersebut kebanyakan adalah anak-anak muda yang memang ingin mendaki.

Sangat sedikit pendaki yang datang ke lokasi ranu kumbolo ini diluar dari para anak muda. Namun, bukan berarti tak ada, mungkin memang jarang kita temukan tapi pendaki yang sudah berusia lanjut masih juga kita temukan diantara mereka yang berusia muda.

Kejernihan air danau di Ranu Kumbolo

Biasanya pendaki yang seperti itu adalah mereka yang memang menyukai kegiatan pendakian sejak dari muda. Memang para pendaki kebanyakan datang ke lokasi ini berasal dari luar agen-agen wisata ini.

Kebanyakan adalah mereka yang memang datang dengan kelompok-kelompok mereka sendiri, atau terkadang mereka datang dengan perseorangan. Namun, sebaiknya untuk datag ke lokasi ini janga sendirian, karena akan terasa lebih enak jika ramean.

Jika kalian akan berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini tapi tidak mau melakukan pendakian ke puncak semeru. Kami sarankan agar kalian datang dengan keompok sendiri, karena itu tadi apabila kalian menggunakan paket wisata yang ada akan menjadi satu dengan pendakian semeru.

Nah, jika memang sudah datang dan melihat keindahan Ranu Kumbolo jangan lupa untuk ikut serta dalam mejaga keadaanya. Meskipun sudah kami katakan sebelumnya mengenai fungsi dari Ranu Kumbolo sendiri yang menjadi sumber air bagi pedesaan sekitar.

Tapi, sekalgi lagi kami ingatkan jangan melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan keasrian dari Ranu Kombolo sendiri. jadilah pengunjung yang mengerti dengan lingkungan, di ranu kumbolo kita memang dapat memanfaatkan airnya untuk memasak dan keperluan konsumsi lainnya.

Namun, bukan berarti kita dapat memanfaatkan tanpa batas. Mari datang dan nikmati keindahan Ranu Kumbolo, tapi jangan merusak.

Referensi

  1. Ranu Kumbolo di Wisata Jatim
  2. Ranu Kumbolo
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.