Sensasi Cave Tubing Goa Pindul

Share Button

goa pindulKota Yogyakarta memang memiliki beragam wisata bawah tanah yang menakjubkan, terutama daerah Gunungkidul. Goa-goa yang ada di dalam perut bumi memberikan keindahan dan daya tarik tersendiri. Buat anda yang menyukai aktivitas yang menantang, menjelajahi goa-goa bawah tanah akan memberikan pengalaman tersendiri.

mulut goaKarena meski lokasinya berada di bawah tanah namun pemandangan dalam  goa tersebut tak kalah cantik dengan yang berada di atas. Anda pun bisa merasakan betapa besar nikmat Tuhan yang telah memberikan kita kehidupan di atas tanah hingga bisa merasakan hangatnya sinar matahari. Dan salah satu goa bawah tanah yang bisa anda jelajahi di Yogyakarta adalah Goa Pindul.

Goa Pindul berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Daerah ini termasuk dalam kawasan perbukitan karst yang banyak dipenuhi bebatuan.

Untuk menuju Goa pindul anda bisa membawa sepeda motor atau menyewa mobil menuju Jalan Raya Wonosari. Anda juga bisa menggunakan tour Yogyakarta untuk membantu perjalanan wisata anda selama di kota gudeg.

Dari Jalan Wonosari, perjalanan anda dilanjutkan ke arah utara sejauh 7 km. Anda tinggal mengikuti jalan aspal hingga bertemu pertigaan, ambil yang jalur kanan. Anda tinggal lanjut terus hingga sampai di pertigaan lampu merah dan ambil jalur kiri yang menagarah ke Desa Bejiharjo.

Anda tinggal mengikuti jalan beraspal hingga tiba di Goa Pindul. Sebuah papan nama bertuliskan Pindhul/Pindul akan membantu anda menemukan goa tersebut.

cave tubing goa pindul1Untuk menjelajahi Goa Pindul anda harus melakukan cave tubing karena terdapat aliran sungai bawah tanah di dalam goa tersebut. Cave tubing hampir sama dengan rafting hanya saja yang membedakan pada alat yang digunakan.

Jika rafting menggunakan perahu untuk menelusuri aliran sungai, maka pada cave tubing anda hanya menggunakan ban pelampung. Selama 45 menit hingg satu jam, anda bisa menelusuri bagian Goa Pindul dengan cave tubing karena aliran sungainya dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir gua.

Goa yang mulai diresmikan sebagai tempat wisata pada 10 Oktober 2010 ini memiliki panjang sekitar 350 m dan lebar hingga 5 m. Sementara jarak permukaan air dengan atap goa hingga 4 meter. Untuk kedaman sungainya berkisar antara 5-12 meter dengan tiga bagian atau zona goa, yakni zona terang, zona remang, dan zona gelap.

lubang di goa pindulCave tubing di Goa Pindul cukup aman karena aliran sungainya yang tenang. Sehingga siapa saja bisa mencoba aktivitas ini, mulai dari yang pemula hingga yang profesional. Bahkan anak-anak dan wanita hamil pun bisa mencoba aktivitas menantang adrenalin ini.

Aliran sungai yang ada di dalam Goa Pindul bersumber dari mata air Gedong Tujuh. Namun tidak semua bagian dalam Goa Pindul lebar. Di bagian tengah goa terdapat bagian yang sempit sehingga pengunjung harus bergantian satu persatu dalam melewatinya.

Ada pula bagian terbesar yang nampal seperti ruangan dengan lubang di atasnya. Bagian ini disebut oleh masyarakat setempat sebagai sumur terbalik dimana sinar matahari yang masuk dari atas lubang tersebut tampak indah. Lubang ini pula yang digunakan TIM SAR sebagai akses masuk vertikal dalam latihan mereka.

stalagtit dan stalagmit goa pindulKala menelusuri bagian dalam goa, anda bisa menjumpai stalagtit dan stalagmit yang telah menyatu hingga membuatnya tampak seperti pilar yang kokoh. Lebar gabungan stalagtit dan stalagmit mencapai  lima rentangan tangan orang dewasa. Karena lebar yang dimilikinya ini membuat stalaktit tersebut menjadi yang terbesar keempat di dunia.

Masih ada stalagtit lain, yakni stalagtit puting yang masih aktif dengan mengeluarkan tetesan air. Konon katanya tetesan air tersebut bisa membuat cantik dan awet muda bagi wanita.

Selain itu ada pula stalagtit jantan yang konon tetesan airnya dipercaya bisa menambah vitalitas. Namun terlepas dari itu semua, keberadaan stalagtit dan stalagmit yang ada di goa menjadi daya tarik tersendiri. Tetes airnya nampak seperti goa. Apalagi juga terdapat berbagai oranamen yang semakin melengkapi lukisan keindahan Goa Pindul.

zona remangDaya tarik lain yang ditawarkan oleh Goa Pindul berada di zona terang dimana anak-anak bisa bermain air, berenang, melakukan lompat indah, dan juga melihat beragam ikan.

Cukup menarik bukan menjelajahi alam bawah Goa Pindul. Jika anda lapar usai melakukan cave tubing di Goa Pindul, ada restoran yang tak jauh dari area goa, salah satunya adalah Griyo Dahar Yu Marto.

Sementara untuk anda yang berada dari luar Yogyakarta dan membutuhkan penginapan, ada banyak hotel murah di Yogyakarta yang bisa anda gunakan, seperti:cave tubing goa pindul1

Refrensi:

  • http://www.goapindul.info/2012/01/cave-tubing-pindul.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Gua_Pindul
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.