Surga Laut di Pulau Menjangan Bali

Share Button

pulau menjangan0Pulau Menjangan merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang berada di kawasan Bali. Nama menjangan diambil dari bahasa Jawa yang berarti kijang. Hal ini dikarenakan terdapat kawanan kijang liar di pulau ini.

1f317417482b8e21e3c3238b547bc68eTerletak 10 kilo meter di lepas pantai barat Bali, pulau ini menawarkan surga  laut yang indah dengan hamparan pasir putihnya. Untuk mencapai pulau ini, dibutuhkan waktu selama 4 jam jika dari Denpasar dan 60 kilometer dari pantai Lovina.

Selain kawanan kijang liar, di pulau ini juga terdapat Pura Segara Giri Dharma Kencana, yang berarti pura yang berada pada garis kebenaran. Pura ini dibangun sebagai penghormatan dan bakti kepada Dang Hyang Siddhimantra. Dang Hayang Siddhimantra merupakan pendeta suci yang membelah pulau Jawa dan pulau Bali dengan menggunakan tongkatnya. Oleh karenanya pulau ini menjadi salah satu pulau suci bagi umat Hindu dan ramai dikunjungi untuk bersembahyang.

pura-segara-giri-dharma-kencana-pulau-menjangan-baliPulau ini merupakan area diving terbaik di Bali dengan surga lautnya yang indah. Dengan dikelilingi terumbu karang mulai dari kedalaman 60 meter, formasi batuan yang kompleks dan aliran arus yang tenang menjadikan pulau ini habitat yang menyenangkan bagi berbagai biota laut, seperti gerombolan jackfishbatfishangel fish, tuna, penyu laut, bahkan hiu. Gua-gua kecil dan besar terbentuk dari formasi batuan tersebut.

Gua-gua ini menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, kerapu besar, dan belut moray.  Kakap kecil dan batfish juga terlihat hilir mudik di gua-gua ini. Barrel sponges dan sea fans juga bisa ditemukan di  dasar laut pulau ini. Bahkan barrel sponges dan sea fans tersebut dapat mencapai ukuran yang sangat besar.

Indonesia-Menjangan-Island-Bali-courtesy-Dayat-Banyumandi(103)Ada beberapa titik menyelam di pulau ini. Yang pertama adalah titik Anchor Wreck. Di sini anda dapat menemukan bangkai kapal lengkap dengan jangkarnya pada kedalaman sekitar 45 meter.

Anchor Wreck sendiri berarti kapal budak karena diduga kapal ini digunakan untuk mengangkut budak dari Bali menuju Jakarta. Kapal ini diduga bangkai kapal Belanda dari abad ke-19 yang tenggelam pada Perang Dunia II.

Anda bisa menemukan peti-peti berisi keramik dan botol kacah yang sudah ditumbuhi karang lunak di dalam kapal ini. Selain itu bukan tidak mungkin anda juga bisa menemukan penyu atau pun hiu di dalam kapal ini.Anchor Wreck

Titik menyelam selanjutnya adalah Eel Gardens yang terletak di bagian barat Menjangan. Titik ini dikenal sebagai tempat menyelam terbaik di Pulau Menjangan yang dimulai dari kedalaman 40 meter.

Anda bisa menemukan kumpulan garden eel atau pun sea fans di sini. Selain itu kawasan ini juga terkenal dengan pasir putihnya yang berkilau dan aneka tumbuhan ataupun biota lautnya, seperti gorgonia.

eelTitik menyelam yang terakhir adalah Secret Bay yang berdekatan dengan pelabuhan Gilimanuk. Anda tidak akan menemukan terumbu karang di sini karena titik penyelamannya tidak lebih dari 9 meter (termasuk dalam muck diving). Namun anda tidak perlu khawatir. Titik penyelaman ini menawarkan aneka biota laut yang langka dan hanya ada di sini. Misalnya saja Sargassum anglerfishSpotfin anglerfis, dan Tono anglerfis yang baru saja ditemukan.

Selain itu anda juga bisa menemukan kuda laut udang laut, belut pita, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan kawasan ini memiliki dasar laut berupa pasir vulkanisir berwarna abu-abu. Maka tak mengherankan jika Secret Bay menjadi tempat favorit bagi makro-fotografer, video-operator, dan ahli biologi kelautan.secret bay

Sebagai pulau tak berpenghuni, Pulau menjangan tak memiliki akomodasi, baik berupa penginapan, restoran, toko, atau pun yang lainnya. Anda bisa memanfaatkan akomodasi di sekitar kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) atau sekitar Pemuteran, misalnya : Adi Assri Beach Resort.

Untuk mencapai pulau ini anda bisa menggunakan perahu dari pelabuhan Labuan Lalang  di desa Teluk Terima atau di dermaga kecil di Teluk Banyuwedang dengan waktu sekitar 30-40 menit untuk sampai ke sana.

Refrensi:

  • http://www.wisatabaliaga.com/blog/pulau-menjangan-surga-di-bali-utara/#tAvGcaDI8MQsXMtI.9
  • http://indonesia.travel/id/destination/783/pulau-menjangan

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.