Taman Kyai Langgeng, Magelang

Share Button

Taman Kyai Langgeng merupakan objek wisata yang terletak di Kota Magelang tepatnya di Jalan Cempaka no 6, kurang lebih 1 km arah selatan dari pusat kota. Taman ini mempunyai keindahan alam yang menakjubkan serta berbagai macam jenis flora dan fauna yang lengkap. Dinamakan Taman Kyai Langgeng sendiri karena di dalamnya terdapat makam seorang pejuang pada masa perang Diponegoro. Untuk mengenang jasa-jasa itulah maka taman ini dinamakan tersebut. Terdapat unsur pariwisata dengan pendidikan di dalamnya, perpaduan itu tampak pada perpustakaan yang berada di dalam area wisata yang indah dan bersih yang dibangun pada 17 Mei 2003. Objek wisata dengan luas 28ha ini, udaranya sangat sejuk sebab terletak di lereng Gunung Merapi. Banyak terdapat gubug dan tempat-tempat duduk yang berada di bawah pepohonan rindang. Dari tempat tersebut anda dapat melihat area persawahan yang menghijau, lembah sungai, dan perbukitan. Anda juga dapat melihat keagungan beberapa gunung seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindiro, Gunung Andong, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

Selain Pemandangan alamnya yang sangat indah, area wisata ini juga terdapat beberapa sarana penelitian yang memadai. Bagi anda yang ingin melakukan penelitian kepustakaan, di sini terdapat perpustakaan yang cukup lengkap. Sedangkan jika ingin melakukan penelitian alam, di area ini juga terdapat beberapa jenis flora dan fauna. Dilengkapi pula sarana olahraga arum jeram. Aliran Sungai Progo Sari yang cukup jernih dan tampak indah akan memuaskan anda yang gemar ber arum jeram, disini anda akan mendapatkan fasilitas tambahan seperti makan, snack, asuransi dan transportasi kembali ke pos pemberangkatan. Arum jeram di sungai ini akan menempuh jarak sekitar 9 km dalam waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.  Pada hari libur atau tanggal merah, di sini terdapat bermacam hiburan seperti orkes dangdut, orkes melayu, kuda lumping, reos, dan kesenian khas daerah. Anda juga dapat mengikuti olah raga jalan santai dan senam masal yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat setiap hari minggunya pukul 06.00 – 08.00 WIB.

Untuk masuk di kawasan wisata ini, pengunjung harus membayar biasa masuk. Tidak jauh dari area Taman Wisata Kyai Langgeng ini terdapat beberapa kios kerajinan, kios cenderamata, restoran, mini market sampai hotel kelas biasa hingga berbintang seperti:

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/700-Taman-Kyai-Langgeng/navgeo
Share Button

3 thoughts on “Taman Kyai Langgeng, Magelang

  1. Obyek wisata seluas 28 hektar ini memiliki pemandangan alam yang indah dan lingkungan yang bersih. Selain itu, udaranya juga sejuk sebab terletak di lereng Gunung Merapi. Di area wisata Taman Kyai Langgeng banyak terdapat gubug dan tempat-tempat duduk yang berada di bawah pepohonan yang rindang. Dari tempat itu, pengunjung dapat melihat area persawahan yang menghijau, lembah sungai, dan perbukitan yang nampak rapi. Pengunjung juga dapat melihat keanggunan beberapa gunung, seperti Gunung Sumbing dan Sindoro di sebelah barat, Gunung Andong di sebelah timur laut, Gunung Merapi dan Merbabu yang berada di sebelah timur. Kicauan burung yang saling bersahutan menambah indahnya suasana taman ini.

  2. Taman Kyai Langgeng dan Arung Jeram Sungai ProgoTaman rekreasi yang diresmikan pada bulan september 1980 dengan luas lahan sekitar 25,05 h, terletak di Jl. Cempaka No. 9 Magelang. Taman wisata ini memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagi obyek penelitian, patung-patung dinosaurus dalam ukuran asli, aneka fasilitas permainan, serta yang terbaru adalah prototipe pesawat terbang. Di taman kyai langgeng, khususnya pada hari libur akan disuguhi dengan berbagai atraksi kesenian daerah maupun musik, selain arena permainan untuk anak-anak dan keluarga, di sebelah taman ini terdapat fasilitas Arung jeram progo asri, dikuhususkan bagi mereka yang menyukai petualangan dengan menelusuri sungai progo. Sepanjang 9 kilometer kita akan menikmati suasana pedesaan di tepian sungai progo sekaligus menikmati jeram-jeramnya. Petualangan ini bisa dinikmati setiap hari dari pukul 08.00 sampai 14.00 tentu saja dengan melihat kondisi perairan di sungai progo. Anda akan didampingi oleh pemandu yang telah berpengalaman serta memperoleh fasilitas lain serperti makan, asuransi dan transportasi kembali ke pos pemberangkatan.

  3. Salah satu fasilitas wisata yang banyak didatangi oleh para pengunjung yaitu kolam renang dan arum jeram. Di daerah Kolam renang oleh pengelola dibagi menjadi dua bagian dengan pembatas terapung, bagian pertama dikhususkan untuk anak-anak dengan kedalaman 1 meter dan bagian lainnya untuk pengunjung dewasa dengan kedalaman 2 meter, selain kolamnya di area ini juga terdapat menara meluncur yang berkelok-kelok sehingga makin memanjakan pengunjung yang sedang berenang. Untuk masuk ke kolam renang ini kita akan dikenakan biaya sebesar Rp. 7.000,- per orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− three = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>