Tips berwisata dan cari penginapan di Garut

Share Button

kampung_sampiureunSiapa yang tidak suka pergi berlibur? Saya yakin 95% orang suka sekali untuk pergi berlibur. Sisanya merupakan orang-orang yang lebih memilih berdiam diri dirumah saja.

Berlibur terkadang menjadi hal wajib bagi beberapa orang. Karena dengan berlibur, mereka bisa merasakan sensasi berbeda dari apa yang sering dilakukannya setiap hari.

Tentunya mereka mencari yang berbeda. Seperti pergi berlibur ke salah satu daerah wisata di Jawa Barat ini, Garut.

Kota Garut memang sudah terkenal menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan. Biasanya mereka datang dari kota sekitar seperti Bandung dan Jakarta.

sampireun

Hanya saja ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat ingin berlibur ke kota ini. Berikut ini akan diberikan Tips berwisata dan cari penginapan di Garut agar perjalanan liburan kamu bisa berlangsung nyaman dan pastinya aman untuk keluarga.

Kota Garut sendiri memang sudah terkenal dari jaman penjajahan dimana Garut selalu menjadi tempat tujuan tetirah atau istirahat. Hal ini dikarenakan kota Garut sendiri memang dikelilingi oleh banyak gunung yang membuat udara dari kota ini dikenal dengan kesejukannya.

Maka tidak heran, jika industri pariwisata dari kota ini sangat berkembang pesat. Berbagai hotel di Garut tumbuh dengan subur. Sebagai kota tujuan wisata, kita akan bisa melihat banyak sekali tempat wisata alam yang bisa didatangi.

Tapi apakah kamu sudah mengetahui rute ke kota ini? Jika belum, yuk kita simak dibawah ini.

Jika kamu berasal dari luar pulau Jawa.Artinya kamu akan melakukan perjalanan udara dengan menggunakan pesawat terbang yang akan mendarat di bandara Husein Sastranegara Bandung. Kemudian kita akan melanjutkan perjalanan dengan jalur darat.

Dimana kita bisa masuk tol dalam kota untuk bisa keluar di pintu tol Cileunyi. Sekeluarnya kita di pintu tol, lanjutkan perjalanan menuju Rancaekek dan langsung menuju Cicalengka. Dan kita harus melewati kawasan Nagrek terlebih dahulu untuk bisa menuju ke Garut.

Jika kamu berasal dari Jakarta. Kamu bisa masuk kedalam tol Cikampek, kemudian lanjutkan ke tol Cipularang.

Dengan banyaknya rest area di tol Cikampek dan Cipularang, disarankan untuk beristirahat karena perjalanan masih jauh untuk bisa sampai di Garut.

Dari tol Cipularang, kita akan meneruskan tol dalam kota Bandung. Dari sini kita lanjutkan ke Cileunyi – Rancaekek – Cicalengka – Nagrek dan akhirnya sampai ke Garut.

Hanya saja sebelum kamu memang sudah memutuskan pergi berwisata ke Garut, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan baik, termasuk adalah penginapan selama kita berada di Garut.

Untuk masalah penginapan, kamu harus mengikuti beberapa hal berikut ini :

Pertama, Perhatikan waktu yang baik untuk pergi ke Garut. Jika kamu termasuk dalam orang yang memiliki waktu libur yang fleksibel, lebih baik merencanakan liburan tersebut di hari biasa.

Yup di hari biasa, Garut tidak akan terlalu ramai oleh banyaknya wisatawan yang datang. Dan ini akan membuat liburan kita menjadi nyaman dan pastinya jumlah hunian dari penginapan akan berkurang.

Dan biasanya, hotel-hotel ataupun penginapan akan memberlakukan harga sewa yang murah untuk hari biasa.

Kedua, Dan jika kamu terpaksa berlibur di hari libur ataupun high season, kamu sudah harus memesan kamar di sebuah hotel atau penginapan jauh-jauh hari sebelumnya.

Tentunya hal ini untuk menghindari ketiadaan kamar jika kita sudah berada di Garut nantinya. Jadi lakukan hal ini : data semua hotel dan penginapan yang ada di Garut. Kemudian pilih beberapa yang menurut kamu bagus.

Setelah dipilih beberapa, cobalah telepon dan menanyakan hal-hal yang perlu kamu ingin ketahui. Jika sudah ada 1 tempat yang merasa cocok, pesanlah langsung.

Ketiga, percayalah jika rata-rata tempat penginapan atau hotel yang ada di Garut itu bagus. Hanya saja, kamu harus pintar-pintar memilih lokasi tempat menginap kamu.

Jika kamu sudah memutuskan lokasi wisata kamu, saat itulah juga kamu sudah bisa memutuskan tempat penginapan yang dekat tentunya.

Jika kamu memutuskan akan berwisata di wilayah pantai-pantai yang ada di Garut, itu artinya kamu harus memilih lokasi tempat menginap dekat pantai.

Selain obyek wisata pantai, kamu bisa memilih lokasi penginapan di area Cipanas ataupun kota Garut sendiri.

Jadi lokasi wisata di Garut mana yang akan kamu datangi saat ini? Yuk kita simak beberapa lokasi wisata yang menjadi pilihan para wisatawan yang datang ke Garut ini.

Kampung Sampireun

Lokasi wisata yang satu ini sudah sangat lengkap. Maksudnya adalah saat berada di lokasi ini, kita juga bisa memesan 1 unit kamarnya.

kampung_sampiureun

Yup Kampung Sampireun  merupakan resort yang memiliki pemandangan alam yang akan membuat kita lupa akan semua rutinitas kita sehari-hari. Ditempat ini kita akan merasa di tempat yang sangat berbeda.

Keunikan yang berada di Kampung Sampireun membuat para wisatawan terkadang enggan untuk beranjak dari lokasi ini.

Disini kita bisa menemukan sebuah danau yang tepat berada di tengah dari Kampung Sampireun ini. Kita bisa menyewa salah satu kamar yang memang sengaja dibangun ditepi danau tersebut. Wow luar biasa bukan?

Arung Jeram di Sungai Cikandang

Jika kamu menyukai jenis olahraga yang menantang, arung jeram adalah jawabannya. Dan olahraga arung jeram ini bisa kita lakukan di Garut ini, tepatnya di Sungai Cikandang. Lokasi arung jeram ini memang dianggap sangat menantang bagi para wisatawan yang ingin mencoba adrenalinnya.

Tapi bukan hanya itu saja, jika kita siap melakukan arung jeram, kita juga harus siap kompak dengan anggota tim yang lain.

Yang pasti, saat kita melakukan arung jeram ini, kita akan disuguhkan pemandangan alam indah dari wisata alam Garut. Rasa lelah kita selama perjalanan arung jeram, akan hilang setelah sampai dititik tujuan untuk bersantap makan.

Cipanas Garut

Lokasi wisata yang satu ini memang sudah sangat dikenal bagi para wisatawan yang datang. Banyaknya tempat pemandian air panas menjadi daya tarik utama wisatawan datang ke kawasan Cipanas Garut ini.

Disini kita bisa relaksasi sembil berendam dikolam-kolam yang sudah tersedia. Ada 2 jenis kolam yang biasanya kita lihat. Kolam besar untuk bisa digunakan oleh pengunjung dan kolam-kolam kecil yang bisa kita gunakan secara privasi.

Selain adanya tempat pemandian air hangat ini, kita bisa juga menemui waterboom, kolam renang dan banyaknya tempat penginapan yang juga menyediakan air panas di kamar mandi kita masing-masing.

Situ Bagendit

Salah satu lokasi wisata terkenal lainnya yang ada di Garut adalah Situ Bagendit. Situ Bagendit merupakan sebuah danau yang letaknya di kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Inilah lokasi wisata yang selalu ramai diakhir pekan.

Situ-Bagendit

Sabtu dan Minggu menjadi hari paling padat di Situ Bagendit ini. Karena lokasi wisata ini mudah dijangkau dengan kendaraan, maka tidak heran jika Situ Bagendit menjadi lokasi favorit wisatawan dari luar kota.

Apa yang bisa kita lakukan di lokasi wisata ini? Selain bisa menikmati pemandangan alam, kita bisa berkeliling danau menggunakan perahu atau rakit yang sudah disediakan oleh pengelola. Kita juga bisa menggunakan sepeda air yang bisa digunakan oleh 1 keluarga kita.

Selain lokasi wisata alam yang ada di Garut, kita juga bisa mengunjungi beberapa pantai yang juga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan.

Pantai-pantai tersebut adalah : Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, Pantai Cijeruk Indah, Pantai Karang Paranje dan Pantai Puncak Guha.

Ke-5 pantai tersebut tidak pernah sepi pengunjung terlebih saat hari libur panjang. Pantai-pantai tersebut akan penuh sesak.

Tentunya sangat mengasyikan bisa berlibur ke wilayah Garut ini. Masih banyak lagi lokasi wisata lainnya di Garut yang tidak kalah indahnya.

Hanya saja, tidak akan cukup 1 hari saja untuk bisa mendatangi semuanya yang ada di Garut ini. Inilah Tips berwisata dan cari penginapan di Garut, semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin berwisata ke Garut ini. Selamat berlibur!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.