Tips cari penginapan di Jogja yang dekat dengan Malioboro

Share Button

Kota wisata Jogja selalu menjadi tempat berlibur paling menyenangkan bukan? Wisatawan yang sudah sangat mengenal kehidupan masyarakat kota Jogja sudah hafal dengan kearifan serta hangatnya sambutan mereka kepada pendatang. Apalagi jika kita mengetahui secara pasti tentang banyak tempat wisata di kota Jogja ini.

Malioboro-Jogja

Wisata di Jogja sebenarnya sudah lengkap karena terdiri dari berbagai unsur seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata religi bahkan sampai dengan wisata kuliner ada semua di kota ini. Oleh karena alasan itulah, kunjungan kedatangan wisatawan lokal sampai dengan manca negara selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Salah satu tempat wisata di kota Jogja yang sudah pasti kamu kenal adalah Malioboro atau lebih tepatnya sepanjang jalan Malioboro kota Jogja. Lokasi yang satu ini memang merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan merupakan destinasi wajib di hampir semua paket wisata Jogja.

Daya tarik Malioboro memang sangatlah kuat dimana lokasi wisata ini sudah menjadi surga belanja bagi para wisatawan. Dan sekitar kawasan Malioboro juga terdapat beberapa lokasi keren yang bisa sekalian kita datangi.

Agar acara liburan kita tetap nyaman,alangkah baiknya jika kita mencari penginapan yang ada sekitaran jalan Malioboro ini. Sebelum kamu menginjakkan kaki di Malioboro, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu Tips cari penginapan di Jogja yang dekat dengan Malioboro.

Tapi sebelum kita mengetahui Tips cari penginapan di Jogja yang dekat Malioboro, kita cari dahulu apa penyebab banyak wisatawan yang suka mencari penginapan di Malioboro.

Hal ini dikarenakan jika kita memilih untuk menginap di Malioboro karena banyak sekali tempat-tempat wisata yang berada disekitar Malioboro ini, bahkan dengan cara berjalan kaki dari hotel tempat kita menginap.

Asyik bukan? Tempat wisata mana saja yang ada disekitar Malioboro ini? Yuk kita simak dibawah ini.

Benteng Vredeburg, akan bisa kita temui jika kita menyusuri sepanjang jalan Malioboro ini. Benteng ini selalu menjadi destinasi wisata para pelancong yang berada di kota Jogja ini. Inilah wisata sejarah kita di benteng yang menjadi saksi bisu atas apa yang sudah terjadi dimasa lalu. Karena banyak spot yang keren, maka tidak heran jika semua wisatawan yang datang, selalu melakukan foto-foto di spot yang mereka anggap bagus.

benteng vredeburg

Titik Nol, selalu menjadi tempat yang menjadi incaran para kawula muda Jogja untuk berkumpul dimalam hari. Lokasi Titik Nol ini berada di perempatan ujung jalan dari Malioboro.

Lokasi ini tidak pernah sepi sama sekali, dimana kondisi di malam hari akan lebih penuh daripada pagi dan siang hari. Apalagi jika kita datang di lokasi ini pada hari Sabtu. Biasanya banyak hiburan yang sengaja diadakan di lokasi ini.

Pasar Beringharjo, menjadi surga tempat kita mencari oleh-oleh yang akan kita bawa pulang. Banyak sekali barang yang bisa kamu dapatkan disini.

Kita akan bisa mencari kaos oblong, batik, souvenir sampai dengan aneka panganan kering sampai basah ada di pasar yang sudah ada sejak tahun 1758 silam.

Yang pasti kamu harus pintar dalam menawar barang disini semurah mungkin.

Taman Pintar dan Pasar Buku Murah, bisa kita temui disekitar Taman Budaya dan tentu saja masih disekitar jalan Malioboro.

Taman pintar sendiri memang tempat rekreasi bagi anak-anak kita dimana didalamnya terdapat banyak sekali pelajaran tentang ilmu sains untuk anak.

Dan tepat disebelah Taman Pintar, kamu bisa mengunjungi Pasar buku murah dimana kita bisa mendapatkan beragam buku dengan harga yang murah tentunya.

Kraton Yogyakarta

Kraton Jogja, juga berlokasi di sekitar jalan Malioboro. Cukup dengan berjalan kaki melewati lokasi Titik Nol. Tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjuni tempat wisata yang mempunyai nama panjang Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat saat berada di kota Jogja.

Jika kita masuk kedalamnya, kita akan menemukan banyak sekali koleksi barang peninggalan masa lalu. Banyak spot foto yang bisa kita dapatkan di kraton ini. Menarik bukan?

Taman Sari, bukanlah sebuah taman yang seperti kita perkirakan. Taman Sari merupakan sebuah bekas istana air atau lebih tepatnya adalah sebuah bangunan dengan arsitektur kuno.

Taman Sari diperkirakan merupakan bangunan tempat dimana para putri raja beserta dayang-dayangnya melakukan pemandian. Ada 3 buah kolam pemandian disini. Bangunan ini sering dikunjungi karena banyak sekali spot yang keren untuk melakukan foto-foto.

Alun-Alun Kidul, adalah tempat wisata yang lokasinya juga masih disekitaran Malioboro. Agak sedikit jauh memang. Tapi rasa lelah tidak akan terasa karena banyaknya orang yang juga menuju lokasi ini. Ada apa di tempat ini?

Sesampai di lokasi ini, kita akan melihat 2 pohon beringin yang sangat besar dan berdampingan. Disini banyak yang melakukan permainan yang bernama Masangin.

Dimana kita harus berjalan dengan ditutup mata untuk melewati sela-sela diantara ke-2 pohon beringin tersebut. Walaupun pada teorinya kita tinggal berjalan lurus, tapi ternyata yang bisa melakukannya lebih sedikit. Seru bukan?

Setelah kita mengetahui beberapa tempat wisata yang ada disekitar Malioboro, saya mulai saja untuk memberikan Tips cari penginapan di Jogja yang dekat dengan Malioboro. Apa saja tipsnya? Yuk kita simak dibawah ini.

Taman Sari Jogja

Mencari hotel murah di Malioboro

Karena Malioboro merupakan lokasi wisata yang sering didatangi oleh wisatawan, maka tidak heran jika kawasan ini banyak berdiri penginapan dan hotel dari yang biaya sewanya murah sampai mahal.

Jika kita ingin berlibur ke kota Jogja dengan budget yang tidak besar, kita tinggal mencari hotel murah di Jogja dengan cara :

  1. Berburu voucher hotel yang bisa kita lihat di internet ataupun travel agen.
  2. Mencari Hotel baru dibuka dimana sering memberikan diskon.
  3. Mulailah untuk berlangganan Newsletters dari beberapa situs booking online di internet.
  4. Menggunakan reward card yang suka belanja menggunakan kartu kredit.
  5. Dengan mengikuti promo paket wisata yang selalu dilakukan oleh travel agen.
  6. Bergabung dengan klub hotel sebagai anggota biasanya akan mendapat diskon menginap.
  7. Mencari homestay yang biaya sewanya jauh lebih murah.
  8. Bertanya pada warga sekitar Malioboro untuk penginapan atau hotel murah.

Berlibur dan mencari penginapan di Malioboro diluar waktu high season

Agar bisa mendapat kamar di salah satu penginapan atau hotel di Malioboro, kamu bisa memilih waktu berlibur diluar hari libur.

Seandainya waktu kerja kamu bisa fleksibel, mengapa tidak datang dihari kerja saja? Selain kamu bisa dengan mudah mencari hotel yang bagus, kamu bisa mendapatkannya dibawah harga normal.

Jika terpaksa berlibur di Malioboro pada waktu High Season

Jika hal ini yang terjadi, kamu sudah harus merencanakan liburan jauh-jauh hari. Dimana kita bisa mulai dari jauh hari untuk memesan sebuah kamar di penginapan atau hotel.

Tentu saja, kita akan kesulitan mendapat kamar yang bagus saat semua wisatawan ingin mendapatkan kamar juga di kawasan Malioboro tersebut.

Kadang kita bisa mendapat diskon dengan memesan jauh hari sebelumnya.

Cari penginapan atau hotel yang mudah untuk akses kendaraan

Karena kita membicarakan penginapan atau hotel di Malioboro, maka kita bisa menemukannya dalam sebuah jalan kecil. Dan akhirnya membuat kita harus memarkir kendaraan kita jauh didepan.

Jadi lupakan saja untuk bisa mendapatkan kamar di salah satu penginapan atau hotel tersebut. Walau biaya sewanya lebih murah, tapi kenyamanan kita bisa berkurang.

Berlibur ke Jogja sebenarnya sangat menyenangkan bagi 2 tipe wisatawan. Tipe yang mencari murah seperti backpacker, bisa kita dapatkan di kota Jogja ini.

Bahkan jika kita tipe wisatawan yang lebih mementingkan kualitas walaupun dengan harga mahal sekalipun, bisa kita dapatkan di kota budaya ini. Itulah Tips cari penginapan di Jogja yang dekat dengan Malioboro. Selamat berlibur.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.