Uniknya Air Terjun Aling-Aling

Share Button

20One stop holiday. Yaps, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan potensi tour Bali yang tidak akan pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Dari pesona alamnya saja sudah membuat anda jatuh cinta. Hampir di setiap daerah di Bali, kaya akan pesona wisata. Misalnya di daerah Buleleng. Selain pantai Lovina, di Buleleng juga terdapat banyak wisata air terjun. Salah satunya adalah wisata air terjun Aling-Aling yang terletak di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada. Hanya berjarak 11 km sebelah barat daya kota Singaraja, membuat air terjun ini sering dikunjungi wisatawan. Selain itu keindahan dan kealamian potensi alamnya, cukup membuat wisatawan terpesona.

Dengan ketinggian mencapai 35 m, air terjun Aling-Aling memiliki keunikan tersendiri. Dari puncaknya, air terjun terpecah menjadi dua air terjun yang berdampingan dengan debit yang lebih besar untuk air terjun sebelah kanan. Sebaliknya air terjun sebelah kiri memiki debit air yang sedikit. Air terjun Aling-Aling jatuh dari tebing yang curam. Pepohonan yang rimbun dan tebing-tebing tinggi mengelilingi air terjun tersebut. Hal ini menunjukkan hutan di sekitar air terjun masih alami. Anda akan menemukan cekungan kolam dengan kedalaman 4 m di bawah air terjun. Anda dapat berendam dan berenang di kolam ini.

foto0210Untuk ke lokasi air terjun Aling-Aling, anda cukup mengambil arah dari Singaraja, jika anda dari arah Denpasar. Jarak antara denpasar dengan air terjun Aling-Aling mencapai 80 km. Dari arah Singaraja anda menuju Terminal Sukasada hingga sampai di Balai Desa Sambangan. Dibutuhkan waktu 2 km untuk sampai ke tempat parkir air terjun Aling-Aling. Dari tempat parkir, perjalanan dilanjutnkan menyusuri pematang sawah dengan berjalan kaki. Di sini anda bisa bermain air terlebih dahulu sebelum akhirnya harus menuruni ratusan anak tangga untuk tiba di lokasi. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih sejauh 400 m. Sebelum sampai di air terjun Aling-Aling, anda akan menemui air terjun kecil unik di sebuah sungai kecil. Semua rasa lelah akibat perjalanan, akan hilang seiring dengan terdengarnya gemericik suara air terjun yang semakin keras begitu langkah kai anda semkin dekat. Apalagi ketika anda tiba disambut dengan percikan air yang mengenai wajah dan tubuh, semua rasa lelah pun terbayar lunas.images

Untuk menikmati semua keindahan wisata terjun Aling-Aling, anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Cukup dengan berdonasi di belakang papan dekat kamar mandi. Jika anda masih belum puas dengan air terjun Aling-Aling, anda cukup mendatangi  Air Terjun Pucuk, Kembar, Cemara, Canging, Dedari dan Kroya, yang letaknya tak jauh dari air terjun Aling-Aling. Dan jika anda membutuhkan penginapan, anda bisa menginap di beberapa hotel murah di Bali, selah satunya di puri bagus Lovina.

Refrensi:

  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/bali/air-terjun-aling-aling
  • http://bali.panduanwisata.com/spot-wisata/air-terjun-aling-aling-yang-unik/
  • http://wisatabaliutara.wordpress.com/2011/06/23/air-terjun-aling-aling/

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.