Air Panas Ciater, Bandung

Share Button

Pemandian air panas Ciater atau Sari Ater merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Subang, Bandung. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu dimana air panas yang dihasilkan pun bersumber dari kawah aktif gunung yang menjadi legenda tanah Pasundan tersebut. Selain dialirkan ke pemandian Ciater, air yang mengaliri sungai itu juga digunakan untuk kepentingan pengairan lahan persawahan. Sumber mata air panas yang terdapat di beberapa lokasi tersebut dapat dinikmati dalam bentuk kolam dan kamar rendam yang di desain cukup unik. Dengan luas 30ha dengan pesona alam nya yang khas dengan pegunungan, obyek wisata terbesar di Jawa Barat ini menyajikan berbagai fasilitas wisata bagi anda dan keluarga untuk bersantai dan berendam di air panas yang menyehatkan serta dengan menikmati keindahan alam yang tersaji di sekitarnya.

Kompleks pemandian air panas ini berada di Desa Ciater, Kec Jalan Cagak, Kab Subang, Bandung. Ketika anda menuju lokasi wisata ini, anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan asri. Hamparan kebun teh yang menghijau di kanan dan kiri jalan yang menyegarkan serta menyejukkan siapapun yang melihatnya. Pemandangan alam di sekitar kolam pun tidak kalah menakjubkannya. Anda dapat menikmati keindahan air terjun yang berselimut kepulan uap air hangat di kompleks pemandian ini. Khasiat air panas Ciater memang sangat teruji, berdasarkan hasil pengkajian air di sini mengandung kalsium, chloride, magnesium, sulfat, mineral, thermo, serta hyperthermia dengan kadar aluminium yang tinggi. Namun ketika air panas yang mengalir dari Tangkuban Perahu itu sampai pada arel persawahan suhunya sudah menjadi agak dingin. Selain dapat mengobati penyakit kulit, air panas di sini diyakini juga berkhasiat untuk terapi penyembuhan rematik, gangguan syaraf dan tulang serta penyembuhan kelumpuhan yang disebabkan oleh penyakit tekanan darah tinggi. Tentu saja pengaruh ini akan cepat dirasakan jika anda melakukan terapinya secara rutin dan teratur.

Tidak hanya wisata terapi yang dapat anda lakukan disini, banyak kegiatan lainnya yang dapat anda lakukan seperti memancing, berenang, bersepeda, berperahu, mendayung, arum jerang, tenis lapangan, berkuda, basket, voli, mini golf, berkemah, gokart, outbond, jalan-jalan di perkebunan kebun the, wahana permainan anak-anak hingga mengunjungi kerajinan keramik. Untuk sajian kulinernya pun tersedia beraneka macam jenis restoran hingga warung makan sederhana. Sebagai menu andalannya disini, makanan khas nya adalah sate dan sop kelinci. Sebelum pulang bisa anda sempatkan untuk berbelanja buah nanas yang menjadi andalan warga Subang sebagai oleh-oleh. Bagi anda yang ingin menginap dan menghabiskan malam di lokasi wisata ini, juga disediakan berbagai fasilitas penginapan serta bungalow dengan berbagai type, namun jika anda ingin ke hotel berbintang juga banyak terdapat di sekitar lokasi wisata seperti:

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/967-Pemandian-Air-Panas-Ciater/navgeo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *