Air Terjun Curug Cimahi, Bandung

Share Button

Berwisata ke Bandung kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke objek wisata Air Terjun Curug Cimahi. Lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kec Cisarua, Bandung Barat. Curug Cimahi sendiri berasal dari kata Curug yang artinya air terjun berasal dari bahasa Sunda, sedangkan Cimahi adalah nama sungai yang mengalir di atasnya. Objek wisata ini dibuka pada tahun 1978 dengan menempati areal seluas 2ha, dan merupakan objek wisata air terjun tertinggi di antara air terjun lainnya di Bandung. Ketinggiannya sekitar 85m. Menurut cerita masyarakat setempat, jika anda menadahkan badan di bawah siraman air terjun ini maka dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, terapi kesehatan bahkan pembangkit aura. Dikarenakan air terjun ini memancarkan aura positif yang dapat membantu meningkatkan energi tubuh dan memacu proses kesembuhan.
Masih dalam jarak besalan meter, anda akan dapat merasakan kesejukan air terjun dan melihat jernihnya aliran air terjun. Dengan kondisi air yang seperti itu, wisatawan dapat mandi, bermain-main pada air terjun dan berendam. Pada waktu tertentu anda juga dapat melihat pelangi yang sangat indah. Untuk menuju lokasi air terjun ini, anda harus menuruni jlaan setapak berundak-undak sebanyak 520 undakan yang terbuat dari batu kali. Dan di sebelah kiri jalan merupakan dinding bukit yang berupa tanah. Sedangkan di bagian kanan jalan terdapat pagar pengaman yang terbuat dari kayu sebagai pelindung jurang yang ada di bawahnya. Selama menyusuri jalan berundak ini anda akan melihat pemandangan yang indah di sekitar air terjun, satwa-satwa liar seperti burung di ranting-ranting pohon, dan beberapa monyet yang saling berkejaran. Untuk menuju air terjun ini dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit an dari pintu masuk. Lokasinya pun dapat anda tempuh menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.
Di sekitar area Air Terjun Curug Cimahi terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Ada pula pedagang penjual mainan anak, topi dan cidera mata. Fasilitas lainnya seperti mushala, parkir luas, tempat bersantai, pusat informasi, pagar pengaman, dan peta lokasi objek wisata. Banyak juga penginapan yang disediakan di sekitar objek wisata ini, mulai dari yang disediakan masyarakat setempat sampai hotel-hotel berbintang seperti:

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/758-Air-Terjun-Curug-Cimahi/navgeo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.