Air Terjun Kakek Bodo, Tretes

Share Button
air terjun kakek bodo
air terjun kakek bodo

Air Terjun Kakek Bodo terletak di pegunungan Prigen atau di lereng gunung Wlirang Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, atau sekitar 50 km dari Surabaya. Air terjun ini berada di ketinggian sekitar 850 meter dari permukaan laut dan tinggi air terjun mencapai 40 meter. Luasnya mencapai 27.7 ha yang terdiri dari area perkemahan, air terjun, area parkir dan area makam Kakek Bodo.

Menurut cerita penduduk setempat, konon nama Kakek Bodo ini berasal dari cerita seorang lelaki tua yang bodoh. Lelaki tua ini dulunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di sebuah keluarga Belanda, lalu dia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan mensucikan diri dari keduniawian dengan cara bertapa. Dari keputusannya inilah, keluarga Belanda ini menyebutnya kakek yang bodoh. Namun berkat bertapanya, sang kakek memiliki kelebihan berupa kesaktian. Kesaktian ini pun digunakan untuk membantu masyarakat setempat yang meminta pertolongan. Sang kakek pun meninggal di tempat bertapanya, yang terletak tidak jauh dari air terjun yang saat ini dikenal dengan sebutan Air Terjun Kakek Bodo.

makam kakek bodo
makam kakek bodo

Di kawasan Kakek Bodo ini anda bisa berenang karena tersedia kolam renang. Atau bila anda mau, anda bisa mandi di bawah air terjun. Tapi jangan kaget karena suhu udara di kawasan tretes ini relatif rendah, maka air terjun ini pun terasa segar dan tentu saja  dingin. Selain itu anda bisa melakukan wisata outbond seperti flying fox, dan melihat makam Kakek Bodo yang tak jauh dari air terjunnya. Dan bagi anda petualang sejati, anda juga bisa menikmati obyek wisata yang lainnya yaitu menelusuri jalan setapak yang menanjak menuju ke Gunung Arjuna dan Gunung Welirang yang berada di sebelah barat air terjun Kakek Bodo. Namun pastikan anda memiliki cukup bekal dan energi untuk bisa menaklukkan pajangnya jalan setapak menuju kedua gunung tersebut.

Di lokasi wisata Tretes ini, banyak terdapat hotel-hotel dan vila-vila yang disewakan untuk menginap, jadi anda tak perlu bingung dengan akomodasinya. Berikut ada beberapa daftar hotel yang ada di daerah Tretes :

 

Referensi :

  • http://disbudpar.jatimprov.go.id/wisata/wisata-budaya/114-sekilastentang-wisata-kakek-bodo.html
  • http://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/air-terjun-kakek-bodo—pasuruan
  • http://seputar-pasuruan.blogspot.com/2011/06/tretes-pasuruan-wisata-air-terjun-kakek.html
  • http://www.wisatamalang.com/jatim/wisata-alam/233-kakek-bodo.html

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *