Air Terjun Madakaripura, Bromo

Share Button

Ada salah satu kawasan wisata di Gunung Bromo yang  memang sangat unik dan menawan. Lokasinya tidak jauh dari lautan pasir di Gunung Bromo. Wisata ini adalah sebuah air terjun yang bernama Madakaripura. Menurut penduduk setempat nama air terjun ini diambil dari cerita pada zaman dahulu yang konon Patih Gajahmada menghabiskan sisa akhir hayatnya dengan bersemedi di air terjun ini. Cerita ini juga didukung dengan adanya arca Gajah Mada yang terdapat di tempat parker area tersebut.
Untuk mencapai lokasi wisata ini tidaklah terlalu sulit. Jika anda terlebihnya dari Probolinggo, maka sesampai di Desa Sukapura anda harus belok kanan dan anda akan meleati jalan aspal dengan disuguhi pemandangan pada bagian kiri-kanan berupa gunung tinggi yang dapat membuat fikiran anda fresh kembali. Kurang lebih setelah 5km melakukan perjalanan, anda akan bertemu pintu masuk kawasan air terjun ini. Banyak penduduk lokal yang menawarkan diri untuk menjadi “guide” yang akan menemani anda sambil menceritakan sejarah objek wisata tersebut hingga balik ke tempat parkir lagi.
Selanjutnya anda harus berjalan kira-kira 15menit lagi melewati jalan setapak yang terbuat dari semen berbatu. Salan berjalan tersebut anda akan disuguhi indahnya dan sejuknya pemandangan. Di samping kanan anda ada aliran sungai yang berbatu, dan di samping kiri anda diapit oleh tebing tinggi dan pepohonan yang lebat.
Sesudah tibanya di lokasi air terjun, anda akan bertemu dengan pos penjada dan toilet umum. Di situ pula aka nada penyewaan paying bila anda tidak ingin basah kuyup. Air terjun ini berasal dari air yang mengalir dari tebing yang memanjang dan membentuk tirai sehingga anda dapat berpayung ria di sana. Di ujungnya anda juga akan bertemu sebuah ruangan yang berbentuk lingkaran yang berdiameter sekitar 25meter.
Ketika anda berdiri di ruang ala mini, anda akan merasa seolah anda berada di dasar sebuah tabung dimana terdapat air tejun dengan ketinggian sekitar 200meter dengan limpahan air yang jatuh dengan derasnya yang akan berubah menjadi selembut kapas yang berwarna kehijauan. Keunikan dan kesejukannya akan membuat anda betah untuk berlama-lama disini. Untuk anda yang hobi fotografer, lokasi ini sangat bagus untuk menjadi objeknya.
Setelah anda puas bermain main atau menikmati indahnya pemandangan disini, anda bisa menikmati makan dan minuman yang disediakan oleh warung-warung yang berada di sekitar wisata ini. Secara umum wisata air terjun ini sendiri telah dikelola cukup baik, seperti dapat dicapai dengan jalan yang sudah beraspal, jalan setapaknya yang nyaman, fasilitas umum layaknya kamar mandi, tempat beribadah, tempat parker dan penginapan yang disediakan penduduk setempat sampai hotel-hotel berbintang seperti :

 

Referensi :

  • http://liburan.info/content/view/209/43/lang,indonesian/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *