Akhir Pekan Di Pantai Maron

Share Button

sunset-pantai-maronJika anda berlibur ke kota Semarang, anda tidak perlu khawatir liburan anda akan membosankan. Karena kota Semarang memiliki beberapa pilihan destinasi wisata yang patut untuk anda kunjungi, tak kalah dengan Yogyakarta. Salah satunya adalah pantai Maron yang berada di sebelah barat Semarang dan dekat dengan Pantai Marina. Pantai yang merupakan muara dari Sungai Silandak ini masih milik Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad). Nama Maron dipilih sesuai denga warna baret Penerbad. Pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika akhir pekan. Pantai ini juga cukup dekat dengan Bandara Ahmad Yani karena berada di ujung landasannya.

pantai-maron (1)Pantai ini berjarak 20 meter dari pusat kota Semarang. Pantai ini kini mudah dijangkau oleh anda dan akses jalan yang cukup baik. Pemerintah setempat mulai memperbaiki akses jalan ke pantai ini. Dulu akses jalan untuk sampai ke pantai ini masih berupa tanah padat yang berkelok dan bergelombang. Dan jalanan ini akan berubah menjadi tanah becek yang licin ketika musim penghujan. Anda akan melewati hamparan tambak petani Bandeng yang luas dengan kondisi jalan yang berdebu ketika musim kemarau. Jangan berharap anda akan menemukan angkutan umum karena tidak ada angkutan umum yang melalui jalan ini. Sehingga satu-satunya jalan saat itu adalah anda harus membawa kendaraan pribadi atau jalan kaki.

dermaga-di-pantai-maron-474x316Namun kini pantai dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor. Sebuah jembatan alternatif dapat digunakan oleh para pengendara. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena anda akan menemui beberapa papan penunjuk jalan untuk sampai ke Pantai Maron. Jika anda memilih menggunakan kendaraan beroda empat untuk ke pantai ini, anda dapat melalui jalan masuk bandara Adi Sucipto. Anda bisa menyusuri sisi kanan rel di rel kereta pertama Perumahan Dinas Penerbad. Di ujung jalan,anda sudah bisa melihat keindahan pantai maron.

pantai maronPantai ini, layaknya pantai di utara Jawa, cukup landai sehingga aman untuk berenang, termasuk anak-anak. Ombaknya juga cukup tenang sehingga cocok bagi anda yang berlibur bersama keluarga. Berbeda dengan gugsan pantai selatan Jawa yang cenderung berbahaya untuk digunakan berenang. Kicauan burung dan pepohonan mangrove yang berjejer dengan garis-garis tambak semakin menambah keindahan pantai ini. Namun sayangnya kini jarak antara bibir pantai dengan hutan mangrove ini tak terlalu jauh, hanya 10-15 meter. Apalagi banyak warung yang berdiri di sepanjang pantai yang membuat tempat aktivitas di pantai menjadi berkurang. Jadi jangan berharap anda bisa bermain voli pantai di sini. Belum lagi beberapa sampah yang ditinggalkan, sedikit mengurangi keindahan pantai ini.

sunset di pantai maroonNamun, anda masih bisa membuat istana pasir atau hanya sekedar berjalan-jalan di atas pasirnya yang berwarna coklat kehitaman. Dan, pemandangan yang paling ditunggu di pantai ini adalah keindahan matahari ketika menutup cahayanya di ufuk barat. Warna jingga berpadu merah dan siluet matahari tergambar di atas lautnya yang indah. Meski kini pantai ini mulai banyak dikunjungi wisatawan, namun tak banyak akomodasi yang tersedia di sini. Jadi anda bisa memanfaatkan beberapa hotel di Semarang, seperti:

Refrensi:

  • https://coretanpetualang.wordpress.com/petualangan-alam/pantai/keindahan-pesisir-di-pantai-maron-semarang/
  • http://www.pasirpantai.com/jawa/jawa-tengah/pantai-maron-semarang/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *