Akhir Pekan Di Perkebunan Teh Gambung

Share Button

Perkebunan teh gambungKota Kembang Bandung berada di ketinggian 768 meter di atas permukaan laut. Tak mengherankan jika suhu udara ini di kota ini begitu sejuk dan menjadi tempat yang cocok untuk perkembangbiakan tanaman teh.

Salah satu perkebunan teh di Kota Kembang ini ialah Perkebunan Teh Gambung yang merupakan tempat industri sekaligus wisata agro.

Tempat wisata ini cocok anda kunjungi pada akhir pekan bersama keluarga. Anda bisa menikmati keindahan perkebunan teh yang menghijau dan terhampar luas sambil menyegarkan badan dan pikiran dari udara kota yang penuh dengan polusi.

Uniknya meski wisata perkebunan teh, namun di sini juga terdapat sayuran hijau yang juga diperkenalkan kepada pengunjung, mulai dari buncis, paprika, cabai, hingga kacang-kacangan.

perkebunan-teh-gambung-ciwideyPerkebunan Teh Gambung terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Cisondasari, Bandung Selatan, tepatnya di lereng Gunung Tilu, dan berada diantara dua wilayah perkebunan teh Jawa Barat Malabar dan Patuha.

Di sini anda dan keluarga akan diajak Ngebekong yakni kata dalam bahasa sunda yang berarti menyimpan tanaman muda sebelum ditanam ke ladang.

Selain melihat keindahan perkebunan teh dan segarnya udara pegunungan, Rumah Pintar Satoe bersama Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung (The Research Institute for Tea and Cinchona) akan mengajak anda untuk mengenal cara bercocok tanam secara mendalam.

Sehingga anak-anak anda pun bisa belajar bagaimana proses berkebun dengan melihat perkembangbiakan tanaman teh. Mulai dari ketika masih berupa benih, ditanam di ladang, dipetik, hingga simulasi proses jual beli antara pembeli dan petani juga diperkenalkan.

Tidak hanya untuk penanaman dan perawartan teh namun juga proses berkebun dari keseluruhan sayuran yang ada di sana.

downloadUsai melihat proses penanaman teh dan perawatannya, anda dan keluarga akan diajak untuk melihat proses produksi teh. Anda juga berkesempatan belajar dan mempraktekkang bagaimana memetik daun teh secara baik dan benar.

Usai dipetik, anda bisa melihat proses penimbangan teh di kebun yang berlanjut dengan proses pelayuan, pengeringan, hingga penggilingan.

Anda bisa membawa hasil panen, beni, media tanam, ataupun pupuk organik sebagai buah tangan usai mengunjungu Perkebunan Teh Gambung.

Anda juga bisa belajar mengenai sejarah teh dan kina dari buku yang disediakan oleh perpustakaan Perkebunan Teh Gambung.

SONY DSCTentunya liburan ke Perkebunan Teh Gambung akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi anda dan keluarga.

Anak-anak anda pun bisa memperoleh ilmu baru tentang pertania dengan melihat dan belajar secara langsung.

Anda pun bisa memanfaatkan hasil kunjungan tersebut untuk berkebun sendiri. Betul-betul liburan yang penuh manfaat.

Tak jarang Perkebunan Teh Gambung juga dijadikan tempat outbond, hiking atau pun camping. Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung juga menyediakan penginapan berupa villa.

Namun jika anda ingin menginap di hotel, terdapat beberapa hotel murah di Bandung yang lokasinya berdekatan dengan Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung, seperti:

Refrensi:

  • http://bandung.panduanwisata.id/wisata-ilmiah-di-perkebunan-teh-gambung/
  • http://info-wisatadibandung.blogspot.com/2013/08/perkebunan-teh-gambung-ciwidey.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.