Asiknya Bermain Pasir Di Pantai Slopeng

Share Button

slopeng-beachPulau Madura, meski tak seluas pulau yang lainnya, namun pulau ini memiliki pesona yang tak kalah indahnya dengan pulau-pulau lain di Indonesia. Sayangnya keindahan dan pesona pulau ini jarang terdengar di luar. Namun kini dengan kehadiran jembatan Suramadu, semakin banyak orang yang tertarik untuk mengeksplorasi keindahan asal kesenian Karapan Sapi ini. Sebagai penghasil garam, pulau yang di kelilingi lautan ini juga memiliki keindahan pantai yang mempesona. Sebut saja pantai toroan dengan pesona air terjunnya yang langsung menuju ke laut. Ada pula pantai dengan gundukan pasirnya yang fantasatis, yakni Pantai Slopeng.

PantaiSlopengPantai yang berada di Kecamatan Dasuk, Sumenep ini memiliki jumlah pasir yang tak biasa dengan pantai pada umumnya. Di pantai yang berbatasan dengan kecamatan Ambunten ini gundukan pasirnya begitu tinggi hingga menyerupai gunung kecil dan menjadi pembatas antara pantai dengan jalan raya. Gunung pasir setinggi 15 meter di pantai yang berjarak 20 km dari Sumenep ini juga ditumbuhi dengan pohon-pohon kecil yang semakin membuatnya mirip dengan gunung di dataran tinggi. Pohon-pohon siwalan, yang merupakan tanaman khas pulau ini dan pohon kelapa juga banyak ditemukan di pantai yang berjarak 180 km dari Surabaya ini.slopeng

Tak hanya jumlahnya yang banyak, pasir di pantai ini juga sangat lembut dan berwarna putih. Anda bisa puas bermain pasir atau pun berseluncur di atas pasir-pasir ini. Dengan garis pantai yang cukup panjang, mencapai 6 km, anda akan semakin leluasa bermain di pantai ini. Apalagi air lautnya yang jernih semakin menggoda anda untuk bermain-main di pantai ini. Tak hanya itu, pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai arena permainan buat anak-anak, seperti ayunan dan seluncuran yang akan semakin membuat betah buah hati anda.slopeng

Anda bisa menggelar tikar di bawah pohon yang rindang atau duduk di gazebo yang ada di pantai untuk menikmati keindahan pantai Slopeng ini. Sebagai teman anda bersantai, jejeran warung makan di sekitar panti siap menyajikan berbagai hidangan enak untuk anda, mulai dari sate, soto, hingga rujak. Jangan lewatkan pula untuk mencicipi segarnya es kelapa muda dan es siwalan di pantai ini. Sebuah rumah joglo di pantai ini juga kerap digunakan sebagai tempat pertunjukan.

Foto Wisata Pantai Slopeng SumenepPantai dengan suasana yang tenang ini masih belum ramai dikunjungi wisatawan. Promosi yang kurang dari pemerintah setempat membuat pantai slopeng masih belum dikenal khalayak luas. Namun anda tidak pelu khawatir karena akses jalan ke pantai ini sudah lebih baik sehingga akan memudahkan perjalanan anda dalam menuju pantai ini. Belakangan, pantai ini mulai digarap serius oleh pemerintah setempat. Untuk menikmati keindahan pantai ini anda hanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 5.000/ orang. Cukup murah bukan. Jadi bagi anda yang sedang berlibur ke Surabaya jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Madura juga ya. Dan untuk memudahkan liburan anda ke Madura, anda bisa menginap di hotel murah di Surabaya yang berdekatan dengan jembatan suramadu, seperti:

Refrensi:

  • http://ceritapulaumadura.blogspot.com/2011/02/berwisata-di-pantai-slopeng.html
  • http://www.pulaumadura.com/2014/12/indahnya-wisata-pantai-slopeng-di.html
  • http://indonesiaexplorer.net/pesona-keindahan-pantai-slopeng-sumenep.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *