Bandara-Bandara Ini Gak Kalah Keren dari Bandara Luar Negeri

Share Button

bandaraSebagai pintu masuk sebuah negara, bandara memang memberikan peran penting untuk menggambarkan bagaimana negara tersebut. Bandara bisa menjadi area promosi untuk meningkatkan kunjungan pariwisata ke sebuah negar. Kecanggihan teknologi, fasilitas yang lengkap, ruang rehat yang nyaman, koneksi WiFi yang cepat, kebersihan, kerapian, dan tak lupa arsitektur yang unik, akan menjadi penilaian bagi para wisatawan maupun investor untuk senantiasa mengingat negara tersebut sebagai negara yang ramah dan keren. Hal ini juga akan membekas di benak mereka untuk senantiasa mengunjungi negara tersebut. Nah, meski bandara di Indonesia belum termasuk bandara terbaik di dunia. namun buakan berati tidak ada bandara di Indonesia yang tidak keren loh. Sejumlah bandara-bandara ini dijamin bikin travelers mikir lagi ada di bandara luar negeri. Karena gak cuma canggih namun juga memiliki arsitektur yang keren. Penasaran bandara mana aja? Yuk, buruan intipin.

Bandara Kualanamu, Sumatra Utara

bandara kualanamuBandara yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini merupakan pioner akan keberadaan bandara-bandara modern yang ada di Indonesia. Bandara ini memiliki 104 check-in counter paling canggih di Indonesia. Check-in counter yang ada di Bandara Kualanamu sama dengan yang ada di Kuala Lumpur International Airport, Malaysia dan juga Bandara Changi, Singapura. Kecanggihan lain yang dimiliki Bandara Kualanamu adalah adanya kereta api yang bisa menjadi transportasi untuk menuju ke kota Medan. Dan lagi-lagi, Bandara Kualanamu menjadi yang pertama untuk hal ini dimana bandara langsung terhubung dengan kereta yang cukup nyaman dan memiliki koneksi Wifi, layaknya di Bandara Suvharnabhumi, Bangkok. Bandara Kualanamu juga menjadi salah satu dari empat bandara yang bisa disinggahi pesawat Airbus A380 yang termasuk pesawat berbody besar.

Bandara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur

bandara kalimarauBuat yang mau ke Kepualuan Deraawan dengan menggunakan pesawat, tentunya akan mendarat di Bandara Kalimaru. Bandara yang sempat direnovasi ini kini memiliki arsitektur yang cukup keren, meski lokasinya yang tidak berada di ibukota provinsi. Karena Kepulauan Derawan merupakan pusat konservasi penyu, maka binatang ini pun menjadi ide untuk arsitektur bandara. Jadilah arsitektur Bandara Kalimarau berbentuk layaknya penyu. Sehingga setiap wisatawan yang bertandang ke sini menjadi ingat Pulau Derawan sebagai tempat perlindungan para penyu.

Bandara New Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur

Bandara_Sepinggan_Balikpapan_2Bandara yang mulai beroperasi pada 22 Maret 2014 ini, mengusung konsep futuristik modern eco airport untuk desain bangunannya. Bandara New Sepinggan tergolong bandara yang megah. Pasalnya bandara ini memiliki terminal penumpang seluas 110.000 m², flyover, area parkir seluas 77.000 m², kargo, dan masih banyak lagi. Yang bikin kian nyaman adalah keberadaan taman yang ada di dalam ruangan, terlebih di lantai 1 dan lantai 3. Bandara yang satu ini juga bisa menjadi favorit travelers yang doyan banget belanja. Karena bandara ini langsung terhubung dengan mal. Jadi gitu turun dari pesawat, bisa langsung shopping-shopping deh 😉

The New Ngurah Rai, Bali

bandara the new ngurah raiSebagai salah satu destinasi favorit dunia, gak heran dong kalau Bandara Ngurah Rai berbenah. Dengan menggunakan nama baru, The New Ngurah Rai, konsep bangunan bandara ini juga kian keren dengan memadukan nuansa modern dan tradisional khas Bali. Konsep sawah Bali yang berundak atau subak digunakan sebagai desain bangunan yang berada di depan bangunan utama. Pintu gerbangnya juga berbentuk angkul-angkul. Yang membuat kian unik adalah loket chek-innya yang dibuat berderet panjang sehingga penumpang tidak perlu mengantre lama. Coveyor belt yang dimiliki The New Ngurah Rai juga sangat panjang sehingga travelers tak perlu berdesakan kala mengambil bagasi.

Bandara Sultan Hasanudin, Makassar

bandara sultan hasanudinSama dengan Bali, bandara untuk masuk ke daerah Makassar ini tak melupakan unsur-unsur budaya. Meski termasuk bandara termegah sekaligus modern, nilai-nilai lokal tetap diperhatikan. Sebut saja lengkung-lengkung atapnya yang menggambarkan ombak dan semangat masyarakat Bugis-Makassar. Motif yang ada di langit-langit terminal juga mengambil dari motif kain sulam Mandar. Bandara Sultan Hasanudin juga memiliki toilet yang sangat bersih yang mengantarkan bandara ini mendapatkan penghargaan Bandara Baru Padat dan Toilet Umum Bersih. Penghargaan lain yang juga diperoleh Bandara Sultan Hasanudin adalah Best Airport dan Creative Airport dari Bandara Award yang digelar di tahun 2012.

Jadi gimana travelers, gak kalah keren kan bandara kita dengan bandara luar negeri? 😉

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *