Beberapa langkah menghindari Jetlag

Share Button

jetlagJetlag seringkali menjadi masalah bagi traveller ketika bepergian ke tempat yang jauh dengan menggunakan pesawat. Meskipun secara harafiah jetlag memiliki artian yang cukup aneh, yakni perbedaan waktu yang diakibatkan oleh kecepatan jet/supersonic, kenyataan nya tidaklah demikian. Jetlag adalah kondisi dimana ritme metabolisme tubuh menjadi tidak beraturan karena perbedaan waktu yang cukup signifikan di lokasi yang berbeda. Seberapa pengaruhnya kondisi jetlag ini kepada setiap orang berbeda-beda, terkadang ada yang sampai membutuhkan 24jam untuk beradaptasi. Berikut beberapa cara untuk mengurangi efek Jetlag.

Minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya dapat mencegah tubuh anda dari dehidrasi. Seringkali ac di pesawat membuat udara menjadi lebih kering daripada normal. Meskipun tidak berakibat fatal, kering nya udara tersebut membuat badan menjadi cepat lelah, sehingga konsumsi air dapat membantu tubuh anda menjadi lebih bugar.

Selama dalam perjalanan siapkan camilan dan makanan kecil lainnya. Selain itu pastikan anda juga sudah mengkonsumsi vitamin C sebelum perjalanan sehingga badan menjadi lebih fit dan segar. Namun demikian pastikan semua konsumsi tersebut tidak terlalu berlebihan. Jus segar seringkali juga menjadi sumber energi terbaik bagi tubuh kita. Apabila sempat, minumlah jus segar sebelum anda berangkat, untuk membantu badan anda lebih fit.

Sebisa mungkin hindari konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan sebelum anda berangkat. Minuman beralkohol seringkali membuat ginjal anda bekerja extra sehingga tubuh menjadi lebih letih. Dengan mengurangi alkohol dan istirahat tidur secukupnya anda akan dapat mengurangi kecapekan badan ketika dalam perjalanan jauh.

Demikian tips and tricks dari 1001wisata.com untuk menghadapi effect Jetlag, semoga bermanfaat.

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *