Benteng Marlborough, Bengkulu

Share Button

Fort Marlborough adalah sebuah bangunan benteng pertahanan yang berada di pesisir pantai Tapak Paderi, Bengkulu. Benteng ini dibangun oleh colonial Inggris tahun 1914-1719 di bawah pimpinan gubernur Jendral Josef Colin semasa pendudukan mereka di wilayah Bengkulu. Benteng Marlborough sendiri adalah benteng terbesar yang pernah dibangun oleh warga Inggris semasa kolonialisme di wilayah Asia Tenggara. Konstruksi bangunannya sangat kental dengan corak arsitekur Inggris abad ke 20 yang mapan dan sangat megah. Bentuk keseluruhan komplek bangunan ini sangat mengesankan kekuatan dan kemegahan yang menyerupai penampang tubuh atau seperti bentuk kura-kura. Detail bangunannya yang European Taste menanamkan kesan keberadaan bangsa yang besar dan berjaya pada masa-masa itu.

Dari berbagai peninggalan yang masih terdapat di dalamĀ  bangunan benteng tersebut dapat pula diketahui bahwa pada masa bangunan ini juga berfungsi sebagai pusat berbagai kegiatan yang berhubungan dengan perkantoran, bahkan penjara.
Berbagai macam catatan sejarah pernah terjadi di benteng ini, diantaranya tentang berbagai kejadian dalam kehidupan warga Inggris di Bengkulu saat itu. Beberapa pesta perkawinan di antara mereka, kisah perniagaan rempah-rempah, peperangan yang terjadi dimana-mana, hingga kisah gugurnya Hamilton dan Thomas parr serta penguasaan benteng ini selama lebih enam bulan oleh perlawanan Tobo Bengkulu dengan Raja Lelonya.
Dalam usia yang sudah mencapai abad ke tiga ini, nilai bangunannya tentu lebih dari sekedar bangunan bersejarah yang berada di Bumi Bengkulu ini. Tetapi Fort Marlborough sendiri juga merupakan prasasti yang mengisahkan tentang hubungan interaksi dua Negara yang berbeda yaitu Inggris dan Melayu Bengkulu. Secara umum benteng ini berada di tepi laut yang mempunyai luas 44.400meter persegi dan mempunyai denah berbentuk segi empat. Pada bangunan depan terdapat pintu masuk yang berbentuk lengkung sempurna. Bangunan ini tidak memiliki ruangan tetapi hanya berupa lorong yang menuju ke jembatan penghubung bagian utama. Pada lorong tersebut terdapat 6 buah nisan. Pada bagian atas bangunan ini terdapat tembok keliling yang punya celah-celah berbentuk segi tiga yang berfungsi sebagai celah intai. Pada dinding sisi utara, selatan dan timur menempel delapan buah cincin besi yang masing-masing berjarak 1meter.
Tidak ada salah nya jika libur panjang, hari besar atau pas weekend anda bersama keluarga maupun teman-teman mengunjungi tempat bersejarah ini, banyak ilmu dan manfaat yang akan anda peroleh jika berkunjung ke tempat wisata ini. Lokasinya bisa ditempuh dari banyak jalur bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Fasilitas nya pun juga banyak disediakan oleh pengelola tempat wisata ini. Anda pun juga tidak perlu khawatir jika ingin berlibur beberapa hari di Kota Bengkulu sendiri, karena dekat dengan banyak penginapan yang nyaman bahkan hotel sekalipun, seperti :

Referensi :

  • http://wisata-sejarah.blogspot.com/2009/03/benteng-marlborough-bengkulu.html
  • http://uun-halimah.blogspot.com/2008/06/benteng-marlborough-bengkulu.html
  • http://mondasiregar.wordpress.com/2011/05/07/benteng-marlborough-di-bengkulu/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *