Beragam Wisata Di Pantai Bandealit

Share Button

Pantai BandealitSelain Banyuwangi, daerah lain yang kini mulai berbenah pariwisatanya adalah Kabupaten Jember. Kawasan regional di daerah tapal kuda ini memang memiliki beragam pesona alam yang berpotensi tinggi menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah obyek wisata pantai. Selain Pantai Papuma, Jember masih memiliki pantai lain yang tak kalah indah dan menawarkan sejumlah pesona yang lain, yakni Pantai Bandealit. Pantai yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini berlokasi di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Jember. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Sukamade ini berjarak sekitar 35 km dari pusat kota.

pantai bandealitSuasana Pantai Bandealit masih cukup alami yang akan membuat liburan anda semakin menyenangkan karena udara yang bersih dan laut yang masiih terjaga. Meski termasuk gugusan pantai selatan, ombak Pantai Bandealit cukup tenang dan teratur sehingga cocok digunakan beragam kegiatan olahraga air, mulai dari berenang, jetski, body board, hingga selancar angin. Pantai dengan kontur yang landai ini memiliki suasana yang tak terlalu ramai sehingga pas bagi anda yang ingin menenangkan diri. Jajaran perahu nelayan yang ada di tepi pantai merupakan pemandangan lain yang bisa dijumpai di tepi pantai. Anda bisa mendapatkan ikan segar dari para nelayan yang bisa langsung anda bakar di tepi pantai.

teluk bandealitJika anda ingin menangkap ikan langsung, anda bisa memancing di sekitar teluk yang lokasinya tak jauh dari pantai. Selain itu terdapat muara sungai yang luas sehingga nampak menyerupai danau dan berair payau. Muara sungai ini berada di sisi timur pantai dan banyak ditemui tanaman Mangrove dengan jenis Pedada. Hutan mangrove ini cukup luas mencapai 8 hektar. Selain mengamati tumbuhan mangrove, anda juga bisa melakukan kegiatan pengamatan burung-burung yang ada di sana. Muara sungai ini cukup unik karena di musim kemarau volume airnya berlimpah sehingga bisa digunakan untuk mengendarai kano ataupun speedboat. Sedang di musim penghujan terjadi hal yang sebaliknya.

gunung sodungTak jauh dari Pantai Bandealit, terdapat beberpa tempat wisata yang lainnya. Jadi dalam satu hari dan satu tempat anda bisa menemukan beragam tempat wisata yang berbeda. Setelah menjelajahi Pantai Bandealit dan bermain di muara sungainya, anda bisa melakukan turun tebing dari Gunung Sodung, dengan salah satu tebingnya berada di ketinggian 100 meter dari permukaan laut. Dari atas puncak tebing tersebut anda bisa mengamati kegiatan yang ada di Pantai Bandealit. Pada ketinggian 200 meter, anda akan menjumpai Goa Jepang lengkap dengan benteng pertahanan tentara Jepang kala itu yang terbuat dari tumpukan batu. Dari ketinggian ini tentara Jepang bisa mengamati kedatangan musuh yang mendarat di teluk Bandealit.

meruSelain itu, juga terdapat kawasan Agrowisata yang dikelola oleh PT Bandealit. Perkebunan ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri dan memiliki koleksi tanaman hortikultura seperti rambutan, jeruk, sirsak, dan si raja buah, durian. Puas menikmati semua pesona Pantai Bandealit dan wisata yang ada di sekitarnya, anda jangan buru-buru pulang karena pemandangan matahari sore di pantai ini cukup indah dan sayang untuk dilewatkan. Pantai ini menjadi salah satu destinasi yang patut anda kunjungi ketika berlibur ke Jember. Jika andadari Surabaya anda tinggal menarahkan kendaraan anda menuju Jember yang kurang lebih berjarak 200 km atau selama 5 jam perjalanan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan hingga tiba ke Tempurejo dan menuju Andongrejo. Kurang lebih dibutuhkakn waktu 1.5 jam. Dari Andongrejo perjalanan berakhir di Bandealit. Memang jauh namun dengan semua pesona yang ditawarkan rasanya semua perjalanan tersebut tak seberapa.berkano di bandealit

Jika anda membutuhkan penginapan, anda bisa menggunakan hotel murah di Jember, seperti: Aston JemberRoyal Hotel JemberBintang Mulia Hotel & Resto, ataupun Panorama and Resort Jember. Anda juga bisa menggunkan hotel murah di Banyuwangi karena lokasinya yang berbatasan dengan Banyuwangi.

Refrensi:

  • http://www.eastjava.com/tourism/jember/ina/bandealit.html
  • http://merubetiri.com/detail_statis/id/37/pantai_bandealit.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *