Berbagai Jenis Serabi di Indonesia

Share Button
Serabi Surakarta
Serabi Surakarta

Serabi atau sering juga disebut ‘srabi’ atau ‘surabi’ merupakan makanan ringan atau jajanan pasar yang cukup dikenal luas di Indonesia. Bersumber dari tradisional Indonesia, makanan Serabi dibuat dengan tepung beras (bukan tepung terigu), sehingga sudah merupakan makanan tradisional yang sudah dikenal di Indonesia semenjak dahulu.

Meski bahan pembuatan Serabi cukup sederhana, tepung beras dan santan, makanan Serabi memiliki variasi yang cukup berbeda di seluruh pelosok Indonesia, ada Serabi Solo, Serabi Notosuman, bahkan ada yang diberi nama ‘Serabi Arab’. Menarik sekali bukan?

Serabi (Santan)

Serabi ini merupakan salah satu jenis Serabi yang dikenal cukup luas di Indonesia. Secara umum, masyarakan mengartikan kata ‘serabi’ dengan jenis yang satu ini.

Dibuat dari tebung beras dan diberi kuah manis dari santan dan gula kelapa, rasanya benar-benar mantap.

Serabi Kuah
Serabi Santan/Kuah

Serabi Solo

Serabi Solo dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang.

Karena campuran santan nya serabi Solo memiliki cita rasa ‘gurih’ yang khas tanpa memerlukan kuah santan.

Terkadang Serabi Solo juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka, atau buah-buah lainnya.

‘Serabi Notosuman’ merupakan salah satu merek dari Serabi Solo yang cukup terkenal di kota Solo/Surakarta, sehingga seringkali orang menyebut Serabi Solo sebagai jenis ‘Serabi Notosuman’.

Serabi Notosuman memiliki legenda yang cukup terkenal, kabarnya beberapa presiden Indonesia merupakan pelanggan loyal dari ‘Serabi Notosuman’.

Serabi Jakarta

Serabi Jakarta sering disebut sebagai kue ape dan merupakan jajanan khas di kota Jakarta.

Bentuk dari serabi Jakarta sepintas agak mirip dengan kue Serabi lainnya. Perbedaan utama ada pada bahan yang dipakai.

Serabi Jakarta

Kue Serabi Jakarta dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan susu, dan ditaburi dengan meses atau keju.

Dengan demikian Serabi Jakarta memiliki kemiripan tekstur dengan roti, dikarenakan tidak menggunakan tepung terigu.

Serabi Mataram

Serabi Mataram memiliki konsep yang berbeda lagi. Serabi ini berbentuk lebih bulat dan kelebaran lebih kecil. Serabi ini memiliki tekstur yang lebih halus dan gurih. Di tengah nya ada butiran kelapa dan ada rasa dingin waktu dimakan. Terkadang juga disiram dengan gula aren di atasnya.

Serabi Mataram

Serabi Arab (Serabi Bogor)

Serabi Arab

Serabi Arab atau juga sering disebut sebagai Serabi Bogor merupakan fenomena baru, kreasi anak bangsa untuk mengangkat citra kue tradisional.

Bagaimana tidak, Serabi ini dibuat dengan campuran tepung beras, tepung terigu, dan berbagai bahan lainnya untuk menciptakan rasa gurih yang khas. Di atas kue serabi tersebut ditambahkan berbagai topping, mulai dari oncom, mayonese, telur, potongan buah-buah an, bahkan es krim. Salah satu kedai yang menghidangkan serabi ini ada di jalan Pajajaran Bogor.

Demikian berbagai variasi Serabi yang ada di Indonesia. Di sekitar rumah saya juga terdapat Serabi Ketan, tapi pada dasarnya adalah Serabi kuah dengan tambahan ketan. Saat ini belum ada foto nya, tapi akan saya tambahkan di kemudian hari.

Share Button
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *