Berburu Batik Di Kampung Batik Kauman

Share Button

kampungbatikkauman1Indonesia memang kaya akan budaya, salah satunya pada kesenian batik. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki motif tersendiri yang menunjukkan ciri khas daerah tersebut. Misalnya saja motif beras utah, kembang bayem, dan kebun tebu dari Sidoarjo. Kemudian ada pula batik cap galuh dari Bali dengan motifnya yang khas. Selain perbedaan motif, masing-masing daerah tersebut memiliki sentra pengrajin batik yang menjadi pusat pembuatan Batik di daerah tersebut. Misalnya saja Kampung Batik Jetis di Sidoarjo, dan Kampung Batik Pesindon di Pekalongan. Di Solo yang merupakan tempat Kesultanan Surakarta juga terkenal dengan kesenian batiknya. Bahkan batik juga menjadi salah satu ikon kota ini dengan slogan Solo Kota Batik. Dan tiap tahunnya di daerah ini dibuatlah acara Solo Batik Carnival yang akan membawa anda mengeksplorasi motif-motif batik dalam berbagai bentuk. Maka tak mengherankan jika kemudian banyak kampung wisata bertajuk Kampung Batik di kota ini. Sebut saja Kampung Batik Laweyan yang berada di Jl. Rajiman dan Kampung Batik Kauman.

batik kaumanKeberadaan Kampung batik Kauman berkaitan dengan perjalanan sejarah perpindahan Keraton Kartosuro ke Solo, yang disebut dengan Keraton Kasunanan. Di Kauman, masyarakatnya terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari modin, penghulu tafsir anom, suronoto, ketip, dan kaum atau pejabat. Ya, para abdi dalem keraron banyak yang tiggal di kampung ini sehingga kampung ini pun bernama Kauman atau kampung pejabat. Para abdi dalem yang tinggal di kampung ini diberi tugas khusus untuk membuat batik bagi keluarga keraton, baik berupa jarik atau selendang atau pun yang lainnya. Motif batiknya pun menyerupai dengan motif batik yang digunakan oleh Ndalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Lambat laut, masyarakat Kauman yang lain juga memiliki keahlian membatik ini. Sehingga kampung Kauman menjadi Kampung sentra batik.

Batik_kaumanJika di Kampung Batik Laweyan memiliki motif dengan warna yang terang, motif Kampung Batik Kauman cenderung gelap, misalnya warna coklat kehitaman. Untuk motifnya cenderung lebih modern dengan tiga varian seni batik. Ada yang menggunakan batik klasik atau batik tulis dengan motifnya yang pakem, batik murni cap, atau batik dengan perpaduan keduanya. Meski demikian, batik tulis dengan motif pakem menjadi produk unggulan Kampung Batik Kauman. Motif batik inilah yang sering dipakai keluarga Keraton Kasunanan. Sedangkan untuk bahan yang digunakan oleh pengerajin Kampung Batik Kauman ialah sutra, baik jenis sutra alam maupun sutera tenun, dan kaos, baik kaos premisima atau prima. Ada pula yang menggunakan bahan rayon.

Gang KaumanLayaknya lebar gang di perkampungan, lebar jalan di gang Kauman pun hanya bisa dilewati pengendara motor dan sepeda. Sebuah patung seorang wanita yang sedang membatik akan menyambut anda di Kampung Batik Kauman. Meski demikan, deretan plang bertuliskan “Rumah Batik” akan menyambut anda. Kini telah ada 20 hingga 30 home industri di Kampung Batik Kauman yang siap memenuhi permintaan pasar. Bahkan pelanggan di kampung Batik Kauman juga berasal dari mancanegara yang telah turun temurun membeli batik di Kampung Batik Kauman ini. Sebut saja negara Jepang, Amerika Serikat, Eropa, dan negara-negara lain di Asia Tenggara. Tidak hanya berbelanja aneka baju batik, di sini anda juga bisa melihat langsung proses produksinya. Masing-masing batik yang ditawarkan di Kampung Batik Kauman memiliki harga yang berbeda, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Namun setiap harga tersebut juga mencerminkan kualitas dari batik yang anda beli.

museum batikSelain berbelanja batik, di sini anda juga berkesempatan mengenali batik lebih mendalam di Museum Batik Kauman Solo. Selain itu berbagai situs bangunan bersejarah juga akan anda temui. Misalnya saja bangunan rumah joglo, kolonial, limasan, atau pun perpaduan ketiganya. Beragam fasilitas lain juga bisa dengan mudah anda jumpai yang semakin mempermudah anda dalam berbelanja. Bahkan Kampung Batik Kauman juga berdekatan dengan berbagai hotel murah di Surakarta atau hotel murah di Solo, seperti:

Refrensi:

  • http://www.surakarta.go.id/konten/kampung-batik-kauman
  • http://iwok.blogspot.com/2013/11/berburu-batik-di-kampung-batik-kauman.html
  • http://terasolo.com/seni/kampung-batik-kauman.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.