Berburu Oleh-Oleh Khas Kalimantan Di Pasar Kebun Sayur

Share Button

bagian depan pasar inpres kebun sayurMendengar namanya, anda pasti berpikir bahwa pasar Kebun Sayur menjual aneka sayuran dan buah-buahan segar. Namun ternyata pasar yang berada di Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Barat ini merupakan pusat perdagangan batu permata dan kerajinan khas Kalimantan. Anda bisa menemukan berbagai kerajinan yang terbuat dari manik-manik di sini. Pasar ini begitu terkenal sehingga banyak wisatawan yang berburu oleh-oleh di sini, mulai dari wisatawan lokal, mancanegara, bahkan mantan ibu negera Ani Yudhoyono juga pernah berkunjung ke sini. Hal ini dikarenakan pasar ini mulai berdiri sejak masa presiden Soeharto.

gantungan-kunci-kuku-macanDari bandara Sepingan, anda hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke pasar ini. Dari pusat kota pasar ini hanya berjarak sekitar 6 km dan hanya 30 menit dari Pelabuhan Semayang Balikpapan. Anda tidak perlu khawatir karena banyak taksi, sebutan untuk angkutan kota Balikpapan, yang menuju pasar inpres kebun sayur.

Di pasar ini, anda bisa menjumpai berbagai oleh-oleh khas Kalimantan mulai dari gantungan kunci kuku macan, yang merupakan simbol khas Kalimantan, hingga berbagai barang-barang kerajinan khas suku Dayak. Berbagai olahan batu permata yang menjadi sumber daya alam pulau ini juga bisa anda temukan di sini. Mulai dari gelang, kalung, bros, cincin, hingga anting. Tentu saja batu permata yang digunakan merupakan batu permata sintetis yang telah melalui beberapa proses.

bros-kebun-sayurNamun bukan berarti anda tidak bisa mencari batu permata asli di pasar ini. Di beberapa kios juga menjual berbagai batu mulia yang asli, mulai dari batu akik, kecubung, delima, safir, zamrud, bahkan berlian. Selain berbentuk perhiasan, batu-batu ini juga dijual dalam bentuk murni atau bijian. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga puluuhan juta rupiah bergantung bobot karatnya.

kebunsayurJika anda ragu dengan kualitas batu mulia tersebut, anda bisa memeriksanya. Batu mulia yang memiliki kualitas bagus biasanya berwarna bening sedangkan yang kualitasnya rendah terlihat berserat. Anda juga bisa melihat dari kualitas kristal pada batu permata tersebut dengan menempelkannya pada pipi. Batu permata yang asli akan terasa dingin dan lebih berat timbangangannya. Biasanya penjual akan menyediakan kaca pembesar dan alat uji untuk membantu anda memeriksa keaslian batu permata dan berlian tersebut.

oleh-oleg-khas-kalimantanSelain aneka olahan dan koleksi batu permata, anda juga bisa menjumpai kerajinan Kalimantan yang lain. Sebut saja tas anyaman, penutup kepala khas Kalilmantan, sarung songket khas Kalimantan, dompet, dan kain batik motif khas dayak. Ada pula Mandau yang merupakan senjata tradisional khas suku Dayak. Berbagai kerajinan dari tali, kayu, batok kelapa, hingga unggas juga bisa anda temukan di sini.

batik-kalimantanKarena ini pasar tradisional, anda bisa menawar sebelum membeli barang yang anda inginkan, meski perbedaan harganya tidak terlalu banyak, hanya sekitar Rp 5.000-10.000 saja. Namun jika anda membeli dalam jumlah besar, anda juga bisa memperoleh potongan yang lumayan. Sempatkan dulu untuk berkeliling pasar dan membandingkan harga antara kios yang satu dengan kios yang lain. Anda tidak perlu khawatir lelah karena anda bisa berinstirahat sambil mencicipi kuliner khas Kalimantan di kios-kios makanan di pasar ini. Ada pula kios yang menjajakan makanan khas nusantara yang lain. Anda juga bisa mencicipi krupuk amplang yang dijual dengan harga Rp 10.000-25.000.2012-02-09-15-38-20

Pasar ini juga cukup luas dengan jarak antara satu kios dengan kios yang lain tak terlalu dekat sehingga anda tidak perlu berdesakan. Para pedagangnya juga cukup ramah dan lokasi pasarnya cukup bersih sehingga anda akan merasa semakin nyaman berbelanja di pasar inpres Kebun sayur. Anda juga bisa berbelanja sayur dan buah di sebelah kios aksesoris. Disediakan pula toilet dan musholla serta lahan parkir yang cukup luas. Untuk akomodasi anda bisa menggunakan hotel di Balikpapan seperti:

Refrensi:

  • http://www.pergidulu.com/oleh-oleh-khas-kalimantan/
  • http://www.indonesiawonder.com/id/tour/wisata-belanja/pasar-inpres-kebun-sayur-pasar-sayur-yang-menjual-cinderamata
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *