Candi Badut, Malang

Share Button

Candi Badut merupakan salah satu candi tertua di Jawa Timur. Terletak di Desa Karangbesuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Dilihat dari segi ilmu pengetahuan dan arsitekturnya bangunan ini merupakan gaya peralihan Jawa Tengah ke Jawa ke Jawa Timur. Candi ini dibangun pada abad VIII M yang merupakan peninggalan dari masa pemerintahan Kerajaan Kanjuruhan yang berpusat di Dinoyo.
Disebutkan pula tentang sebuah lingga yang sangat keramat dianggap sebagai lambangnya Prasasti Dinoyo sekarang dan disimpan di Museum Pusat Jakarta.

Candi ini ditemukan pada tahun 1923 secara kebetulan oleh pengawas dari Malang EW Maurenbrechtrer di tengah sawah. Waktu itu yang terlihat hanya bukit batu reruntuhan dan tanah dan di atas sekitarnya tumbuh beberapa pohon beringin.

Secara horizontal Candi badut terbagi atas tiga bagian yaitu kaki, badan dan atap. Bagian kaki pada umumnya terdiri atas perbingkaian bawah, badan kaki dan perbingkaian atas. Sedangkan bagian badan candi bentukny tambun karena lebih besar dari tingginya. Lalu untuk bagian atap candi telah rusak.

Di depan candi induk ditemukan tiga bekas alas candi kecil yang terkenal dengan nama Candi perwara. Candi tersebut berjajar arah utara selatan dan menghadap ke timur tetapi susunan ketiga candi tersebut membuktikan bahwa Candi badut memang merupakan Candi tertua di Jawa Timur.

Candi Badut telah selesai dipugar pada tahun 1993 oleh Department pendidikan dan kebudayaan dan setelah pemugaran selesai jalan menuju kompleks percandian dapat dicapai dengan kendaraan bermotor dan sudah layak dijadikan tempat wisata.

Nama Badut sendiri tidaklah selalu identik dengan hal-hal yang lucu. Badut sendiri berasal dari bahasa sansekerta yaitu Bha-dyut yang berate sorot Bintang Canipus atau Sorot Agastya.

Hal ini terlihat pada ruangan induk candi yang berisi sebuah pasangan arca yang tidak nyata dari Siwa dan Parwati dalam bentuk lingga dan yoni. Pada bagian dinding luarnya terdapat relung-relung yang berisi arca Mahakal dan Nadiswara. Namun diantara semua arca yang tersisa hanya Durga Mahessasuramardhini.

Banyak beberapa rumah makan yang bisa anda kunjungi di sekitar Candi Badut ini beserta beberapa hotel berbintang antara lain:

Atau kalau mau yang lebih mudah, anda bisa memakai paket tour murah Malang yang banyak tersedia di travel agent.

Referensi

  • http://aligufron.multiply.com/journal/item/98/Candi-Badut-di-Malang-Candi-Tertua-di-Jawa-Timur?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *