Candi Borobudur, Magelang

Share Button
candi borobudur
candi borobudur

Candi Borobudur, adalah nama candi terbesar di Indonesia. Bentuknya yang begitu megah serta indah , membuat candi ini layak menjadi tempat wisata bersejarah di Indonesia. Apalagi jika anda tertarik dengan sejarah-sejarah budaya bangsa Indonesia. Borobudur  juga menjadi salah satu bukti kecerdasan serta kehebatan manusia yang pernah dibuat di Indonesia.

Candi Borobudur terletak kurang lebih 40 km dari kota Yogyakarta dan terletak di atas bukit pada dataran yang diapit oleh dua pasang gunung kembar yakni Gunung Sundoro-Sumbing dan Gunung Merbabu-Merapi . Candi berbentuk stupa ini didirikan sekitar tahun 800 masehi atau abad ke-9, oleh para penganut agama Buddha Mahayana.

Candi Borobudur berbentuk punden berundak, yang terdiri dari enam tingkat berbentuk bujur sangkar, tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Selain itu tersebar di semua tingkat-tingkatannya beberapa stupa. Dan yang menjadikan bangunan ini unik adalah candi ini  tidak memakai semen sama sekali dalam pembangunannya, melainkan sistem interlock yaitu seperti balok-balok Lego yang bisa menempel tanpa lem.

relief borobudur
relief borobudur

Di setiap tingkatan dipahat relief-relief pada dinding candi. Relief-relief ini dibaca sesuai arah jarum jam atau disebut mapradaksina dalam bahasa Jawa Kuno. Di sini lah sisi sejarah dari bangunan ini muncul. Bangunan ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah bagi umat penganut ajaran Buddha. Jika anda berjalan melalui serangkaian lorong dan tangga, anda akan menyaksikan tak kurang dari 1.460 panel relief indah yang terukir pada dinding dan pagar.

stupa
stupa

Tak hanya itu, pada puncak candi terdapat satu stupa yang sangat besar yang berdiameter hampir 10 meter. Dan dari puncak candi ini, anda akan melihat pemandangan alam yang begitu indah. Lalu pada dasar candi terdapat satu teras dimana di sini terdapat relief yang menggambarkan aneka bentuk angkara. Dapat anda bayangkan, candi ini menyimpan begitu banyak sekali keindahan relief serta keanekaragaman sejarah bangsa Indonesia.

Bagi anda para wisatawan yang hendak ke Borobudur, jangan khawatir jika anda ingin mencari penginapan yang bagus dan tidak terlalu mahal. Anda bisa memilih penginapan yang ada di dekat kawasan candi Borobudur, atau bisa juga penginapan yang ada di daerah Yogyakarta. Berikut beberapa hotel yang ada di daerah Yogyakarta :

 

Referensi :

  • http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/candi/borobudur/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur
  • http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/53-tempat-wisata/182-candi-borobudur.html
  • http://www.wisatanesia.com/2010/05/candi-borobudur-magelang.html
  • http://www.borobudurpark.co.id/id/candi-borobudur.html

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *