Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau Gunung Tujuh terletak pada ketinggian 1.950meter dari permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut Danau Gunung Tujuh tercatat sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini terbentuk karena letusan Gunung Tujuh pada ratusan tahun silam. Bekas letusan tersebut membentuk sebuah kawah yang lama-kelamaan penuh terisi oleh air hujan. Air Danau Gunung Tujuh menjadi sumber mata air dan Air Terjun Gunung Tujuh, Air Terjun Telun Berasap, dan Sungai Batang Sangir. Kawasan ini menjadi lokasi pariwisata andalan Kota Kendari.

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, danau ini merupakan danau sakti. Mereka meyakini bahwa danau tersebut dijaga dan dihuni oleh dua makhluk halus menyerupai manusia yang dikawal oleh beberapa pasukan pengikut setia menyerupai harimau. Kondisi alam Danau Gunung Tujuh yang masih asri dan belum terusik oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Suasana alamnya begitu sangat menyejukkan, panoramanya begitu indah dan alami serta airnya yang begitu jernih. Kondisi ini memberikan ketentraman dan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Keindahan danau ini bertambah lengkap oleh barisan hamparan tujuh gunung yang mengelilinginya. Ketujuh gunung tersebut meliputi Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh. Di beberapa titik pinggir danau ini, terdapat pasir yang terbentang menyerupai pantai. Tempat tersebut dapat digunakan oleh para wisatawan untuk berkemah sembari menanti terbitnya sang mentari dari ufuk timur. Pada saat matahari menampakkan wajahnya, para wisatawan dapat menikmati keindahan danau yang menakjubkan.

Lokasi Gunung Tujuh sendiri berada di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.
Selain sebagai tempat pariwisata, Danau ini juga digunakan penduduk lokal sebagai sumber mata pencaharian. Beberapa masyarakat lokal berprofesi sebagai nelayan dan mencari ikan di danau tersebut. Jika anda berkunjung di sana, andapun dapat menyewa sampan nelayan dan mendayung menjelajahi luasnya danau. Akses yang ditempuh untuk mencapai lokasi inipun ada beberapa jalur. Mulai dari Kota Jambi ke Sungai Penuh yang berjarak 500km, dari Kota Padang ke Tapan yang berjarak 278km, sampai dari Kota Padang ke Muaralabuh yang dilanjutkan ke Sungai Penuh dengan jarak hanya sekitar 211km. Lalu perjalanan dilanjutkan dari Sungai Penuh menuju Kecamatan Kayu Aro, dan akhirnya sampai di Desa Pelompek cukup berjalan kaki saja anda bisa langsung sampai di Danau Tujuh Gunung.
Tidak jauh dari lokasi wisata ini, terdapat beberapa warung atau rumah makan yang menyajikan makanan khan daerah tersebut. Disediakan pula beberpa homestay, ataupun hotel-hotel seperti :

Referensi :

  • http://www.wisatamelayu.com
  • http://travel.detik.com/read/2012/04/16/091934/1893052/1025/danau-tertinggi-se-asia-tenggara-ada-di-jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *