Danau Kerinci, Jambi

Danau Kerinci berada di Kecamatan Danau kerinci dan Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci. Lebih tepatnya terletak di kaki Gunung Raja dan merupakan danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci. Luas danau ini sekitar 5000m persegi dengan ketinggian 783m di atas permukaan laut. Kawasan danaunya yang berada di tengah lembah Kerinci yang jaraknya sekitar 16 km dari Kota Sungai Penuh ini bisa dijadikan tempat rekreasi yang menarik, seperti berenang, mamncing dan juga aktivitas perkemahan. Berbagai aktivitas lainnya juga dapat dinikmati sambil menyantap makanan khas yang tersedia di tempat makan sekitarnya.
Di sepanjang pantai danaunya dapat terlihat pemandangan yang indah sampai ke tengah danauĀ  dimana perahu-perahu nelayan yang sedang menangkap ikan. Danau ini dijadikan masyarakat sekitar sebagai tumpuan untuk mencari nafkah. Penangkapan ikannya sehari-hariĀ  juga dilakukan dengan cara tradisional diantaranya dengan menggunakan tabung oksigen pada malam hari.
Terdapat beberapa kawasan lokasi yang menarik di sekitar Danau Kerinci ini yaitu Daerah Pesanggarahab dimana anda juga bisa melihat Danau kerinci dari atas. Tanjung Hatta adalah tempat Bung Hatta dahulunya menikmati pemandangan Danau Kerinci dan menanam pohon disana.

Pemandangan di sekitar dananunya pun begitu menawan. Mata tidak akan pernah bosan melihat hamparan air yang jernih dengan dilatarbelakangi barisan pegunungan yang indah. Di tengah-tengah danau terlihat perahu-perahu nelayan yang sedang mengarungi permukaan airnya yang tenang. Di sekitar danaunya pun terdapat sejumlah batu berukir yang kononnya merupakan peninggalan manusia megalit yang hidup ribuan tahun silam. Dengan adanya keberadaan batu ukir ini telah menunjukkan bahwa daerah ini pernah dihuni oleh manusia purba. Di setiap tahunnya selalu diadakan berbagai macam atraksi kesenian masyarakat Jambi gunanya untuk memberikan suguhan terhadap para wisatawan yang datang berkunjung.
Di sekiar danau pun anda juga akan menemukan beberapa kios-kios sebagai pusat jajanan kuliner berbagai makanan dan minuman olahan industry rumah tangga hingga masakan ikan air tawar. Ada juga kios yang menjual oleh-oleh songket khas Jambi. Harganyapun juga dapat ditawar tergantung dengan keindahan dan proses pembuatannya.

Untuk menuju lokasi ini anda dapat menggunakan jalur darat bisa dengan menggunakan angkutan umum ataupun mobil pribadi. Jaraknya pun sekitar 211km dari Kota Padang. Perjalanan menuju Danau Kerinci sendiri juga bisa melalui tiga jalur alternative yaitu Jambi menuju Sungai Penuh, Padang menuju Tapan, dan yang terakhir Padang menuju Muaralabuh.
Jika anda ingi meninap beberapa hari disini, anda tidak perlu khawatir karena anda dapat menginap di hotel semacam kelas melati, atau pun hotel-hotel berbintang seperti :

Referensi :

  • http://www.indonesia.travel/id/destination/504/danau-kerinci/tostay
  • http://wisatasumatera.wordpress.com/wisata-jambi/danau-kerinci/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *