Danau Paniai, Papua

Danau Paniai Papua 1Danau Paniai adalah danau yang terkenal karena panorama keindahan alamnya yang racak, alami dan masih terawat sangat baik. Terletak di Kecamatan Paniai Timur, Kabupaten Paniai Papua. Pada awalnya danau ini dinamakan Wissel Meeren, penamaan ini ditujukan kepada orang pertama kali yang menemuan Danau Paniai yaitu seorang pilot berkebangsaan Belanda. Luas Danau Paniai mencapai 14.500ha yang bisa memberikan ruang terhadap para wisatawan yang ingin menikmati indahnya air danau yang biru, dan suasana alamnya yang sangat eksotis. Berada pada ketinggian sekitar 1.700m di atas permukaan laut. Meskipun demikian danau ini menyimpan aneka jenis ikan tawar dan udang. Untuk jenis ikan lainnya seperti ikan nila, ikan mujair, ikan mas, ikan sembilan hitam, dan ikan belut. Sedangkan ikan pelangi sering dicari oleh para nelayan karena bernilai ekonimis tinggi. Jika beruntung anda dapat melihat udang endemik papua yang saat ini sudah mulai langka yaitu udang selingkuh. Dinamakan tersebut karena udang ini memiliki capit besar seperti halnya kepiting.

Danau Paniai Papua 2Selain menikmati indahnya panorama yang disuguhkan di sini, anda dapat mencoba suasana lain seperti memancing, menyewa perahu ataupun hanya duduk duduk saja di pinggir danau. Jelang matahari terbenam keeksotisan pantai ini kian terpancar. Perahu-perahu nelayan yang mulai menepi, lalu-lalang speedboat dri balik bebukitan serta burung-burung kecil yang yang terbang rendah dan sesekali menyambar ke air. Lebih special lagi jika menikmati nya sambil minum teh atau kopi yang disediakan di warung-warung di pinggir danau. Jika masih ada waktu sebelum kembali pulang, anda bisa mengunjungu lokasi keramba aneka jenis ikan tawar yang terdapat di tepi Danau Paniai. Anda ditawarkan membeli ikan segar yang dapat di makan langsung atau pun dibawa pulang.
Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan di objek wisata Danau Paniai ini, seperti pos jaga untuk melindung wisatawan dari hal-hal yang bersifat tidak baik, pemandu wisata yang akan mengantarkan sekaligus menjelaskan tentang asal-usul atau letak area di danau ini. Fasilitas lainnya seperti persewaan perahu, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung tempat penjual makanan dan minuman.

Danau Paniai Papua 3Bagi anda yang ingin bermalam dapat menginap di beberapa penginapan yang disediakan atau ri rumah-rumah penduduk setempat. Jika anda ingin menginap di hotel, disarankan ke kota dan akan menjumpai beberapa hotel seperti:

 

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/876-Danau-Paniai/navgeo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *