Danau Ranau, Sumatera Selatan

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Provinsi Sumatera.Terletak di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.Sekitar 342km dari Kota Palembang. Danau ini terbentuk akibat gempa bumi yang sangat dahsyat dan tetusan gunung vulkanik. Sebuah sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung vulkanik berubah menjadi jurang. Berbagai jenis tumbuhan termasuk semak belukarnya yang secara lokal dikenal dengan sebutan Ranau, yang tumbuh di tepi danau dan sisa-sisa gunung menjadi Gunung Seminung yang berdiri menjulang di samping danau yang airnya sangat bersih. Disini terkenal dengan ikan-ikannya yang berukuran sangat besar. Anda disini juga bisa membeli ikan langsung dari nelayan dan sudah di bakar juga sambil menikmati keindahan Danau Ranau.

Danau ini memiliki luas sekitar 126km persegi. Sungai yang pada mulanya mengalir dari kaki gunung berapi telah menjadi sumber air yang mengisi cekungan tersebut sehingga semakin lama semakin besar cekungannya dan menjadi danau seperti sekarang.
Pemandangan disini begitu indah, air nya yang jernih dan udaranya yang sejuk dengan latar belakang Gunung Seminung. Yang sangat cocok dijadikan untuk tempat berlibur sekeluarga. Jenis-jenis ikan disini beraneka ragam seperti ikan mujair, ikan kepiat, ikan kepot, ikan harongan, dll.

Yang paling unik di danau ini adalah terdapatnya sebuah pulau yang bernama Pulau Marisa dan terdapatnya beberapa sumber air panas di kawasan ini.Ada juga air terjun yang dapat anda kunjungi.
Anda bisa berkeliling di sekitar danau ini dengan menggunakan perahu motor atau yang biasanya dikenal dengan sebutan Ketek. Harga setiap penyewaannya pun bervariasi mulai dari 100.000 sampai 250.000 tergantung pada tujuan yang diinginkan. Namun jika ingin membuat air terjun anda harus menggunakan angkutan darat.
Jika anda dari Bandara Sultan Makmud Badaruddin II di Palembang, anda bisa menyewa mobil ke Danau Ranau. Namun jika anda menggunakan kendaraan umum anda bisa menggunakan bus atau jenis transportasi lokal lainnya di Baturaja. Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin bermalam di kota ini. Karena banyak terdapat hotel-hotel mulai dari yang kelas melati sampai yang berbintang, seperti :

Referensi :

  • http://www.indonesia.travel/id/destination/156/danau-ranau/gallery/page/1
  • http://balibackpacker.blogspot.com/2012/10/danau-ranau-terbesar-kedua-di-sumatera.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *