Danau Sentani, Papua

Danau Sentani adalah danau yang teletak di Papua yang berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Danau ini memiliki luas sekitar 9.630 hektar dan berada pada ketinggian 75mdpl, dan Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua. Di sini terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Arti kata Sentani sendiri berarti disini kami tinggal dengan damai. Danau ini sudah dikelola menjadi objek wisata karena berjarak 50 kilometer dari Jayapura dan mudah dijangkau sebagai pelengkap di danau ini, sudah banyak terdapat perahu wisata untuk berkeliling di danau Sentani.

Banyak juga diadakan Festival Danau Sentani untuk menarik wisatawan. Festival Danau Sentani ini biasanya diadakan pada pertengahan bulan juni tiap tahunnya. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi dan sajian berbagai kuliner khas Papua. Di danau ini terdapat 30 spesies ikan air tawar dan empat diantaranya merupakan endemic danau sentani yaitu ikan gabus, ikan pelangi sentani, ikan pelangi merah, hiu gergaji. Danau Sentani juga dijadikan lokasi wisata untuk berenang biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar. Selain itu Danau Sentani juga dijadikan lokasi wisata untuk berenang, bersampan, menyelam, memancing, sky air serta wisata kuliner. Di antara ketiga ikan endemic danau Sentani yang populasinya semakin menyusut adalah ikan gabus yang dikarenakan telur ikan ini dimakan ikan gabus dari jenis lain. Naik perahu keliling danau adalah salah satu kegiatan yang paling digemari. Anda bisa menyewa perahu motor disana. Berkeliling ke pulau-pulau kecil, mengunjungi penduduk lokal di rumah panggung masing-masing. Para penduduk Danau Sentani ini sendiri terkenal kreatif, konon hasil kerajinan tangan mereka adalah yang terbaik di Papua.
Anda pun tidak perlu khawatir jika ingin berlibur beberapa hari disini, karena banyak fasilitas yang ada seperti penjual makanan, ataupun tempat penginapan. Hotel-hotel pun juga banyak di tempat ini seperti :

 

 

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Sentani
  • http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Potret-Negeriku/Teropong-Daerah/Papua/Tempat-Menarik/Danau-Sentani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *