Danau Tempe, Sulawesi Selatan

Danau Tempe adalah danau yang terletak di sebelah barat Kabupaten Wajo, Sulawesi  Selatan tepatnya Kecamatan Tempe. Jaraknya sekitar 7 km dari Kota Sengkang menuju Sungai Walanae. Danau ini luasnya sekitar 13.000 ha ini mempunyai spesies ikan air tawar yang jarang ditemui di tempat lain. Dikarenakan danau tersebut terletak di atas lempengan benua Australia dan Asia dan danau ini merupakan salah satu danau tektonik di Indonesia. Danau Tempe mempunyai pasokan air dari Sungai Biladan anak sungainya Bulu Cenrana.
Danau Tempe termasuk penghasil ikan air tawar yang terbesar di dunia disebabkan dasar danau ini menyimpan banyak sumber makan ikan. Selain itu danau ini juga mempunyai spesies ikan tawar yang tidak dapat anda temui di tempat lain. Dikarenakan kerena letaknya yang terdapat di atas lempengan Benua Asia dan Australia. Di tengah-tengah danau terdapat ratusan rumah terapung milik nelayan yang berhiasi dengan bendera yang berwarna-warni. Di atas rumah terapung ini, anda dapat menyaksikan terbitnya dan terbenamnya matahari di satu posisi yang sama dan dapat pula menyaksikan beragam satwa burung, bunga-bungaan dan rumput air yang terapung di permukaan air. Malam harinya para pengunjung juga dapat menyaksikan indahnya rembulan yang terang benderang di Danau Tempe dengan sambil memancing ikan.
Setiap tanggal 23 Agustus selalu diadakan festival laut atau Maccera Tappareng yang artinya mensucikan danau denagn ditandai pemotongan sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan sekitar. Dalam acara ini anda dapat menyaksikan berbagai atraksi wisata yang sangat menarik seperti lomba perahu tradisional, perahu hias, berbagai permainan rakyat, pagelaran music tradisional dan tarian bissu yang dimainkan oleh para waria dan berbagai pagelaran tradisional music lainnya. Pelaksanaan ini dimaksidkan agar nuansa kekeluargaannya dapat dipersatukan antar sesama nelayan tetapi prinsip tetap terjaga.
Banyak fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini, mulai dari tempat penjual makanan samapi penginapan dan hotel-hotel seperti,

Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Tempe
  • http://www.wajokab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=6&Itemid=30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *