Danau Toba, Sumatera Utara

Share Button

Danau Toba adalah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100kilometer dan lebar 30kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Karena keindahannya danau ini dijadikan daerah tujuan wisata terpenting di Sumatera Utara. Lokasi danau ini masuk ke tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Simulangun, Parapat, dan Ambarita. Ditengah danau ini terdapat Pulau vulkanik yang bernama Pulau Samosir.

Di Parapat ada banyak fasilitas untuk berenang, bermain sky air, mengendarai motor boat, menaiki kano, memancing, bermain golf, dll. Banyak pengunjung yang datang untuk menghabiskan waktunya di danau dengan berenang di air yang menyegarkan atau menyewa perahu layar mengelilingi danau yang besar tersebut. Tidak perlu khawatir tersengat sinar matahari, karena iklim disini sejuk dan kering dengan pemandangan danau yang indah. Tempat ini adalah tempat yang ideal untuk bersantai dan berlibur sambil melihat matahari terbenam.

Di Samosir, anda juga dapat berjalan-jalan ke pedalaman dan menjelajahi dua danau yang kecil yaitu Danau Sididhoni dan Aek Natonang. Jika anda masih belum merasa puas dengan suasana di Samosir, jelajahi pedalaman dengan trekking ke dataran tinggi. Namun jika anda ingin menikmati suasana tradisiona, anda dapat mengunjungi Desa Tomok, desa yang terdapat di Pulau Samosir yang termasuk Desa Tradisional.

Parapat berjarak 176km dari medan dan dapat dijangkau kurag dari 6 jam dengan bus. Medan merupakam pintu gerbang internasional . Saat tiba di Parapat, anda dapat menaiki kapal feri ke Pulau Samosir. Kapal feri beroperasi setiap satu jam setengah dari pukul 9pagi sampai 5sore. Jika anda datang dari seberang selatan melalui Bukit Tinggi dan Tarutang ada bus yang dapat digunakan menuju Danau Toba.

Jika anda sudah berada di Pulau Samosir, sewalah motor atau sepeda untuk menjelajahi bagian tempat yang indah ini sambil rasakan anginnya yang sejuk. Meskipun jalannya tidak beraspal dan berliku-liku, jalanan ini memberikan pemandangan danau yang spectacular dari puncak teringgi pulau.

Di Parapat anda dapat membeli oleh-oleh seperti T-Shirt dan gantungan kunci. ada juga pasar tradisional yang menjual buah-buahan, sayuran dan pakaian yang digelar 2 kali seminggu. Berbagai cideramata bisa didapati di sekitar Danau Toba, seperti kalender Batak Kuno dengan tulisan asli Batak, gitar batak dari kayu dan beragam souvenir unik lainnya. Jika anda ingin membeli oleh-oleh yang lebih unik bahkan antik cobalah berbelanja di Samosir. Kunjungi juga Jangga(desa tradisional) jika anda tertarik untuk membeli kain ulos.

Ada pula banyak hotel dengan banyak fasilitas di sekitar Danau Toba ini, contohnya :

Grand Sirao (*2)

Patra Parapat Lake Resort (*3)

Emerald Gardenia (*4)

Grand Angkasa (*5)

Namun jika anda menginginkan perjalanan yang lebih terorganisir anda bisa menggunakan tour ke danau toba atau tour medan sehingga anda tidak perlu pusing lagi dengan masalah transportasi dan akomodasi.

Referensi :

  • http://indonesia.travel/id/destination/48/danau-toba/tostay
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Toba
  • http://www.anneahira.com/wisata-alam-danau-toba.htm
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *