Dataran Dieng, Wonosobo

Share Button

Dataran Dieng menawarkan keindahan alam serta hawa yang sangat sejuk dan dingin. Dataran yang berlokasi di kawasan Dieng Plateu Wonosobo ini berada pada ketinggian 21,00m di atas permukaan laut. Nama Dieng berasal dari dua gabungan kata Bahasa Sansekerta yaitu di yang berarti gunung dan hyang yang berarti khayangan. Bila digabungkan menjadi dieng yang berarti pegunungan tempat tinggal para dewi khayangan. Di kawasan ini juga terdapat beberapa objek wisata    lainnya seperti telaga, sawah, bahkan wisata sejarah berupa candi. Saat memasuki pintu utama, anda akan disambut sebuah kompleks candi yang dinamakan Candi Pandawa. Candi-candi yang berada di kawasan ini bercorak Hindu. Objek wisata lain yang terkenal di kawasan ini adalah Telaga Warna dan Telaga Pengilon, kedua telaga ini letaknya berdekatan. Dinamai Telaga Warna dikarenakan telaga ini memantulkan beberapa warna, kandungan belerang di dalamnya memantulkan warna kehijauan sedangkan ganggang merah yang ada di dasar telaga memantulkan cahaya kemerahan sehingga jernihnya air telaga berwarna biru muncul dari pantulan gradasi sinar matahari.Telaga Pengilon berarti telaga cermin, airnya sangat jernih dan bisa memantulkan bayangan benda yang ada di sekitarnya.

Selain telaga, di kawasan ini juga terdapat beberapa gua. Salah satu diantaranya adalah Gua Semar, panjangnya sekitar 4m dengan dinding batu dan biasanya untuk bermeditasi. Selain Gua Semar, ada beberapa gua lainnya seperti Gua Sumur dan Gua Jaran. Di dalam Gua Sumur terdapat satu mata air yang disebut Tirta Prawitasari. Ada juga beberapa kawah yang berada di kawasan ini. Kawah-kawah tersebut terbentuk dari letusan gunung yang kandungan belerangnya masih taraf aman bagi pengunjung. Terdapat sebuah mata air yang terkenal sebagai sumber mata air Sungai Serayu. Setelah puas menikmati objek wisata yang terdapat di kawasan ini, anda juga dapat menonton film berdurasi 20menit di Dieng Plateu Theatre yang terletak di lereng bukit Sikendil. Sarana yang disediakan oleh pihak pengelola akan sangat bermanfaat bagi pengunjung. Namun jika anda masih ingin mengunjungi wisata yang berada di kawasan ini, tidak ada salahnya jika mengunjungi perkebunan teh Jambi yang pemandangannya sangat indah.

Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan ini seperti musholah bagi para pengunjung, pasar tempat berjualan cendera mata, bahkan warung-warung penjual makanan dan minuman. Untuk anda yang ingin bermalam, di tempat ini juga disediakan pilihan losmen dan penginapan dengan beragam fasilitas yang ditawarkan, adapun hotel seperti:

 

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/806-Dataran-Tinggi-Dieng-/navgeo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *