Desa Tablanusu, Papua

Share Button

Desa Tablanusu 1Jika anda berlibur atau berkunjung ke Papua, hendaknya berkunjung di Desa Nelayan sebutan untuk Desa Tablanusu yang masuk dalam Kecamatan Deprare, Jayapura. Di desa ini suasananya masih alami, asri dan eksotik. Bahkan suasana tersebut sudah bisa dirasakan para wisatawan ketika masih menempuh perjalanan menggunakan perahu bermesin tempel dari Dermaga Depapre menuju Dermaga Tablanusu yang merupakan satu-satunya pintu masuk ke desa tersebut. Di sepanjang perjalanan anda akan menikmati hijaunya pepohonan, jernihnya air laut, dan barisan perbukitan pegunungan. Suasana mistis akan menyergap anda ketika menginjakkan kaki di Desa Tablanusu ini sebab berbeda dengan desa nelayan lainnya yang pada umumnya di hiasai hamparan pasir, justru di desa ini di hiasi batu koral hitam. Desa yang memiliki luas 3ha ini hanya dapat mengarah pada hamparan batu alam yang mengkilap. Dan kemanapun kaki di langkahkan suara batu koral yang terinjak sangat terdengar. Dikarenakan gesekan batu yang terinjak menyerupai suara orang menangis maka nelayan pun juga menjuluki desa ini dengan nama Desa Batu Menangis. Batu-batu koral tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat pijat refleksi alami telapak kaki.

Desa Tablanusu 2Keistimewaan di desa ini adalah kerapian administratif desanya yang dihuni sekitar 500 kepala keluarga. Meskipun tergolong desa kecil dan berada jauh di pelosok, desa ini sudah tertapa sangat baik. Sambutan masyarakatnya yang sangat hangat dengan wisatawan atau orang asing kian menambah daya tarik untuk berkunjung ke desa ini. Untuk mengakrabkan dengan masyarakatnya pun sangat mudah dan murah hanya dengan modal buah pinang, anda dapat melebur dengan masyarak setempat. Keistimewaan lainnya adalah terdapatnya berbagai jenis objek wista dalam satu area. Contohnya dengan melihat sisa-sisa sejarah Perang Dunia II, Landasan Meriam, Dermaga bekas pendaratan tentara sekutu, Makam dekat gereja, dan sebuah Monumen Salib. Sementara itu bagi anda penyuka wisata alam, anda dapat mendatangi hutan desa yang panorama alamnya sangat alami. Sedangkan bagi anda yang ingin mencoba suasana lain, anda dapat mengunjungi daerah pengairan, panorama pantainya racak, lautnya sangat bening dan tenang serta angin laut yang bertiup sepoi-sepoi. Selain memancing anda dapat menyelam juga di laut ini dan dipastikan anda akan terpukau melihat kekayaan bawah lautnya.

Desa Tablanusu 3Bila anda sedang beruntung, anda akan dapat menyaksikan secara langsung upacara khas masyarakat Desa Wisata Tablanusu. Seperti hari peringatan masuknya injil ke desa tersebut yang di gelar tiap saban tahun, peruwatan beberapa lokasi pengairan terutama yang banyak terumbu karang diadakan tiap dua tahun sekali, ritual Sasi dan ritual Tiyatiki. Banyak fasilitas pendukung yang ada di desa ini seperti gereja, pemandu wisata, pasar ikan, persewaan perahu, warung makanan dan minuman dan kios oleh-oleh souvenir khas masyarakat setempat. Bagi anda yang ingin menginap disini tersedia penginapan yang disewakan oleh penduduk setempat ataupun hotel-hotel berbintang di tengah kota seperti:

 

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/886-Desa-Wisata-Tablanusu/navgeo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *