Dua Warna Air Terjun Telaga Bitu Sibolangit yang Bikin Jatuh Hati

Share Button

air terjun telaga dwi warnaJalan-jalan ke Sumatera banyak banget wisata alam yang bisa travelers temui dan tentunya akan membuat kalian berdecak kagum. Uda gitu fasilitas yang ditawarkan daerah ini untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan juga kian lengkap. Misalnya saja nih sejumlah hotel murah di Medan yang bisa travelers gunakan selama berlibur ke kota Melayu Deli. Atau kalau travelers gak pengen ribet, travelers bisa menggunakan sejumlah paket tour di Sumatera, seperti Banda Aceh, Medan, ataupun Padang, yang bikin liburan travelers ke sana jadi kian mudah, murah, dan nyaman. Dan kali ini kita mau ajak travelers jalan-jalan ke daerah Deli Serdang tepatnya di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit. Ada sebuah air terjun yang cantik banget dengan dua warna yang dimiliki air terjun tersebut. Namanya Air Terjun Telaga Bitu Sibolangit atau yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit. Penasaran dong dengan air terjun ini. Buruan masukin di daftar tujuan libur akhir pekan atau akhir tahun kalian.

sibolangitAir Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit bisa ditempuh dari kota Medan dengan lama perjalanan sekitar 4 jam, yakni 1 jam untuk menuju Bumi Perkemahan Sibolangit yang berada di Desa Bandar Baru dan 3 jam selanjutnya untuk sampai ke lokasi air terjun. Buat kalian yang menyukai aktivitas fisik, perjalanan menuju Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit bisa jadi cukup menantang untuk kalian. Karena akses untuk ke sana cukup sulit dengan medan yang berupa perbukitan, hutan, dan juga jurang yang menantang untuk ditaklukan. Penggunaan kendaraan hanya bisa sampai di Warung Bang Nuel yang juga menjadi posko untuk ke air terjun dan perjalanan selanjutnya travelers harus berjalan kaki. Di posko terdapat pemandu yang siap membantu travelers untuk bisa menemukan Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit. Travelers harus berhati-hati kala melewati semua medan tersebut, terutama kala melintas di tengah hutan karena ada banyak jurang di kanan dan kiri jalan. Di awal memasuki hutan, travelers bisa menyaksikan sebuah dam tua yang dialiri sungai kecil dan merupakan bekas peninggalan Belanda.

perjalanan ke dwi warnaUsai melintasi jalan yang ada di hutan sebrang, travelers sudah bisa mendengar gemuruh suara air terjun. Travelers tinggal melanjutnya dengan melewati jalan setapak berlumut tebal yang ada di kaki tebing setinggi 45 meter. Dan selanjutnya, bersiap-sialah untuk terpesona dengan pemandangan yang ada di depan travelers. Bukan satu terjunan yang bisa travelers temui namun ada tiga terjunan sekaligus yang ada di sana dan saling berdampingan. Nama dari air terjun ini didasari dari penampakan air terjun tersebut yang memiliki dua gradiasi warna dimana air terjun yang tumpah berwarna biru muda sementara air di kolam yang menampung terjunan air berwarna putih keabu-abuan. Karena keunikan yang dimiliki Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, masyarakat suku Tionghoa percaya bahwa air terjun tersebut bisa membawa keberuntungan bagi mereka.

air terjun dwi warnaCukup menarik memang, namun ternyata penampakan air terjun ini bukanlah sebuah keajaiban yang tiba-tiba ada. Karena ternyata kandungan fosfor dan belerang memberikan pengaruh pada warna air terjun tersebut. Hal ini dikarenakan Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit terbentuk dari letusan Gunung Sibayak pada ratusan tahun yang lalu. Karenanya kala bermain air di sini jangan sampai terminum ya karena kandungan belerang dan fosfornya sama sekali tak baik jika tertelan. Air terjun yang berada di hulu Sungai Sinembah 1 ini berada di ketinggian 1475 meter dari permuakaan laut. Karenanya jangan heran jika suhu udara di sekitar air terjun cukup sejuk. Tinggi Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit sendiri mencapai 75 meter. Yang semakin membuat pemandangan disekitar air terjun kian penuh warna adalah tebing-tebingnya yang berlumut hijau.

air terjun dwi warnaKeunikan lain yang ditawarkan oleh Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit adalah perbedaan suhu pada Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit. Untuk air yang berwarna biru bersuhu dingin sementara yang berwarna putih bersuhu hangat. Jadi travelers bisa memilih mau yang bersuhu dingin atau hangat. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit bisa menjadi tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam yang begitu menakjubkan. Mau sembunyi dari segenap rutinitas yang melelahkan jiwa dan pikiran, Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit bisa jadi tempat yang tepat. Yuk, buruan ke sana. Bareng-bareng lebih seru dan lebih ramai loh 😉

Refrensi:

Petualangan Seru Menuju Air Terjun Dua Warna

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *