Festival Prabu Geusan Ulun, Sumedang

Festival 1Festival Prabu Geusan Ulun merupakan Penyelenggaraan Gelar Budaya Daerah tahun 2013 yang berlangsung sangat meriah diadakan di Jl Prabu Geusan Ulun Sumedang. Gelar budaya ini dibuka secara resmi oleh Sekda Kab. Sumedang dan Wakil Bupati Sumedang yang ditonton oleh ribuan masyarakat dan wisatawan lokal. Sejak pagi mereka sudah menyambut bahkan berdesak-desakan untuk menyaksikan secara langsung pertunjukan seni budaya ini. Masyarakatpun begitu antusias saat menyaksikannya. Tari tradisionalnya yang ditunjukkan pun menggambarkan Prabu Geusan Ulum sebagai Raja Sumedang Larang yang menggunakan Mahkota Binokasih peninggalan Raja Padjajaran. Dengan menggunakan mahkota tersebut, secara resmi Prabu Geusan dinobatkan menjadi penerus kekuasaan Kerajaan Padjajaran. Acara selanjutnya adalah Helaran Seni Budaya Daerah yang dimeriahkan dengan arak-arak an Kereta Naga PaksiĀ  yang dikawal beberapa pasukan. Puluhan Praja IPDN jatinagor pun ikut ambil bagian dalam helaran tersebut dengan menampilkan kesenian rampak kendang. Helaran pun semakin meriah dengan adanya penampilan kesenian dari beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Subang, Garut dan Purwakarta.
Festival 2

Terdapat dua boneka domba berukuran besar yang di dalamnya dimainkan oleh beberapa orang semacam seperti barongsai yang begitu lucu ketika diadu. Tak sedikit pula beberapa masyarakat spontan langsung tertawa. Tidak hanya itu saja, kesenian Kuda Renggong pun ditampilkan yang juga mengundang gelak tawa para penonton. Hari pertama pertunjukan ini sangat meriah dengan adanya pameran hasil kerajinan ekonomi kreatif khas Sumedang seperti produksi Batik tradisional Sumedang atau bahkan alat musik sampai kuliner.

 
Festival 3Acara helaran ini diadakan sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya daerah Budaya Nasional. Dalam festival ini diadakan empat hari empat malam yang diadakan pada tanggal 23 November 2013. Sumedang pun tidak hanya mempunyai bebrapa kesenian yang bisa dibanggakan namun beberapa penginapan dari mulai kelas semacam penginapan bahkan hotel berbintang seperti :

Referensi :

  • http://melayuonline.com/ind/news/read/15953/gelaran-festival-prabu-geusan-ulun-berlangsung-meriah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *