Gili Kapal yang Timbul Tenggelam

Share Button

Pasir-pantai-gili-kapal-659x439Pulau Lombok memiliki keindahan wisata yang tak kalah dengan pulau Bali. Selain keindahan surga lautnya, Lombok juga terkenal dengan gilinya, yakni pulau-pulau kecil yang berada disekitarnya. Maka tak mengherankan jika saat ini pulau Lombok menjadi salah satu tempat yang sering didatangi. Jika Bali hanya memiliki empat pulau kecil di sekitarnya, Lombok justru memiliki puluhan pulau-pulau kecil. Masing-masing Gili menawarkan keindahan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah gili yang sering timbul tenggelam sehingga keberadaanya jarang diketahui orang. Gili Kapal, itulah nama gili yang hanya bisa didatangi di waktu-waktu tertentu saja.

Gili-kapal-tampak-dari-kejauhanGili Kapal termasuk dalam empat kelompok gili di bagian timur pulau Lombok, tepatnya di daerah Sambelia. Gili kapal bertetangga dengan Gili Kondo, Gili Petaga, dan Gili Bidara. Dari gili kondo, anda hanya memerlukan waktu sekitar 20-30 menit untuk sampai ke gili kapal. Sedangkan dari Mataram, kurang lebih dibutuhkan waktu 2-2.5 jam untuk sampai ke sana. Jika anda baru pertama pergi ke Lomok, anda mungkin akan kesulitan untuk melihat gili ini di peta. Namun jika anda bisa berkomunikasi dengan orang lokal, maka anda bisa menemukan gili kapal ini.

Terumbu-Karang-di-Gili-Kapal-659x494Dinamakan gili kapal karena dulu banyak kapal yang menabrak pulau ini karena tidak terlihat. Pulau ini begitu kecil, kurang lebih seukuran sebuah kamar. Belum lagi pulau ini juga tertutup air laut ketika laut sedang pasang. Bahkan tidak ada pepohonan di atas gili ini. Sehingga tidak ada tempat untuk berteduh di tempat ini. Gil ini terlihat seperti tumpukan pasir yang membentuk pulau. Namun anda jangan khawatir. Meski ukuran pulaunya hanya seluas kamar, namun surga laut yang dimilikinya lebih luas dari pada lapangan sepak bola. Berbagai terumbu karang dan ikan kecil warna-warni menjadi penghuni surga laut gili ini.Ikan-ikan-kecil-penghuni-gili-kapal-659x494

Selain eksotika surga lautnya, daya tarik lain gili ini adalah datarannya yang sangat rendah, hingga hampir menyamai permukaan air laut. Selain itu pasir pantainya juga sangat bersih karena tidak ada sampah non-organik yang berserakan. Dan bagi anda pecinta foto selfie, gili kapal menawarkan background foto yang seru, bagaikan berada di studio foto alam terbuka. Disetiap sudut gili ini menawarkan background foto yang berbeda. Misalnya jika anda berfoto disebelah barat, anda akna mendapati background lereng gunung Rinjani dan gili Pategan. Disebelah timur anda akan mendapatkan background pulau Sumbawa bagian barat. Sedangakn jika anda di sebelah uatra, tersedia background Laut Alas. Dan untuk di sebelah selatan terdapat background gili Kondo dan selat Alas.

Pasir-putih-pantai-di-gili-kapalJika anda berencana pergi ke gili kapal, berarti anda harus siap untuk bagun pagi. Karena gili ini hanya bisa di datangi di saat air laut sedang surut, yakni pada waktu pagi dan sore hari. Namun waktu yang terbaik adalah di pagi hari karena anda bisa melihat indahnya birunya laut gili kapal terkena pantulan cahaya matahari. JIka anda ingin berenang bebas, tanpa harus takut merusak coral, anda bisa berenang di bagian gili yang disebut dengan kolam renang raksasa. Kurang lebih ada seperempat bagian di gili ini tidak ditumbuhi coral. Selain itu anda juga bisa melakukan snorkeling dan diving di gili ini karena pulau kecil ini dikelilingi hard coral dan soft coral yang masih sehat. Jika anda tidak membawa peralatan snorkeling, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menyewa dengan harga Rp 250.000. Dan untuk kebutuhan akomodasi anda, anda bisa menggunkaan hotel murah di Lombok, diantaranya:

Namun, untuk lebih mudahnya anda bisa mengikuti Paket tour lombok yang memberikan sejumlah refrensi destinasi wisata yang menyenangkan dan dengan harga murah kualitas prima.

Refrensi :

  • http://travel.detik.com/read/2014/04/24/151200/2436381/1025/gili-kapal-pulau-unik-yang-bisa-tenggelam-di-lombok
  • http://viewindonesia.com/index.php/travel-destination/81-gili-kapal-surga-kecil-yang-timbul-tenggelam
  • http://www.lombokite.com/2014/09/gili-kapal-di-lombok.html
  • http://blimin.blogdetik.com/2014/09/19/gili-kapal/

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *