Goa Gajah, Bali

Share Button

Terdapat sebuah lokasi wisata yang letaknya di Desa Bedulu, Kec Blahbatu, Kab Gianyar atau sekitar 27km dari Kota Denpasar, Bali. Tempat wisata ini adalah sebuah Goa yang bernama Goa Gajah yang berasal dari kata Lwa Gajah sebuah kata yang disusun oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 M.

Goa ini dibangun pada abad ke-11 Masehi pada saat Raja Sri Astasura Ratna Bumi Banten berkuasa. Goa ini juga dijadikan tempat pertapaan dengan dibuktikannya ceruk-ceruk di dalam goa. Selain itu di sekitar goa juga terdapat kolam petirtaan dengan tujuh patung widadari yang sedang memegang air suci.

Disekitar goa terdapat pura yang memiliki banyak peninggalan purbakala karena itu banyak dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Ada juga bangunan suci Hindhu yang berupa pelinggih-pelinggih. Tepat di ceruk bagian timur goa terdapat tiga Lingga Besar yang berjejer di atas satu laoik sedangkan di bagian baratnya terdapat arca Ganesha di goa berbentuk T. Dan di bagian teben terdapat arca ganesha yaitu Putra Siwa.

Di depan Goa Gajah terdapat patung pancuran did alam sebuah kolam permandian sacral yang seiring zama sudah tertimbun tanah. Air yang mengalir di kolam ini disebut dengan symbol Lingga atau symbol kesuburan.

Bagian bawah lingga berbentuk segi empat symbol Brahma Bhaga dan di atasnya berbentuk segi delapan Wisnu Bhaga. Di atas segi delapan berbentuk bulat panjang dan inilah puncaknya Siwa Bhaga.

Ketika akan masuk kawasan wisata ini, anda harus terlebih dahulu memakai selendang yang disediakan di loket sebelum masuk dan kemudian melewati jlan setapak yang menurun dan berundak-undak mendekati lokasi wisata. Goa Gajah sendiri sudah menampakkan keindahannya dari ketinggian karena posisinya yang di bawah.

Setelah hampir mendekati di bibir goa maka pengunjung bisa langsung menikmati keindahan pahatan dari mulut goa dengan gaya khas Bali yang melambangkan ujannya yang lebat dan makhluk hidup penghuninya. Goa ini dikelilingi area persawahan dengan keindahan ngarai Sungai Petanu oleh karena itu suasananya masih hijau dan asri.
Di luar goa sebelah barat terdapat patung Buddis yaitu Dewi Hariti. Patung ini dilukiskan sebagai seorang wanita yang memangku seorang anak. Dan di sebelah selatan Goa Gajah sendiri terdapat Patung dalam sikap Dhyani Budda Amitaba.

Banyak fasilitas yang disediakan di wisata ini. Anda juga tidak perlu khawatir karena banyak hotel yang terdapat di sekitar wisata ini seperti:

Biar lebih gampang, anda bisa ikut paket tour Bali yang banyak tersedia di travel agent. Salah satunya 1001malam.

Referensi:

  • http://www.pesonaindonesia.com/sejarahbudaya/pura/bali/33-pura/132-puragoagajahbali.html
  • http://bali.panduanwisata.com/pura-hindu-bali/pura-goa-gajah-tahukah-anda/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *