Gumuk Pasir Parangkusumo, Gurun Pasirnya Jogja

Share Button

Gumuk-Pasir-parangkusumo
Pengen ngerasain sensasi di gurun pasir sambil main-main sandboarding? Tapi gak ada budget buat ke luar negeri? Uda deh liburan ke dalam negeri aja. Uda deket, budget murah, dan pesonanya gak kalah sama tempat wisata luar negeri. Salah satunya yang ada di Yogyakarta ini. Ada gurun pasir yang luas banget di sana, gak kalah deh ma Gurun Sahara 😉 Gak percaya? yuk yuk buruan deh bersiap dan akhir pekan nanti langsung aja bertandang ke sana. Mau backpakeran gak masalah, ikutan paket tour juga oke, kayak yang ada di link ini https://goo.gl/zxpKRD . Nama gurun pasirnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Jogja bangetkan namanya. Meski demikian pesonanya luar negeri banget loh. Kata Gumuk sendiri bermakna gundukan, sehingga jika dijadikan satu maka gumuk pasir berarti gundukan pasir. Begitu banyaknya gundukan ini sampai berasa kayak di padang pasir beneran. Langsung baca aja deh ulasannya.

Gumuk-Pasir-parangkusumoGumuk Pasir Parangkusumo membentang dari muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis. Lumayan luas bukan. Fenomena keberadaan gurun pasir ini tak terlepas dari keberadaan sejumlah kenampakan alam yang ada di Yogyakarta, mulai dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Pantai Parangtritis, Kali Progo dan juga Kali Opak. Gundukan pasir ini berasal dari abu vulkanik gunung yang kemudian terbawa oleh aliran Kali Opak, Kali Progo dan sejumlah sungai yang lainnya hingga sampai di pantai. Selanjutnya abu vulkanik ini terombang-ambing bersama ombak dan berubah menjadi debu-debu halus hingga akhirnya sampai di tepi pantai terbang di bawa angin. Proses ini berlangsung terus-menerus selama ribuan tahun hingga terkumpul di sepanjang tepi Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Lama-kelamaan gundukan pasiar tersebut bertambah banyak dan tinggi yang kemudian melebar karena terkena tiupan angin hingga menjadi gurun pasir.

gumuk-pasirFenomena gurun pasir ini tidak hanya menarik untuk dijadikan tempat wisata namun juga cukup menarik dijadikan sebagai bahan penelitian ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan fenomena gunung pasir ini hanya ada dua di dunia, yakni di Meksiko dan Yogyakarta. Bahkan ada wacana untuk menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo sebagai salah satu dalam daftar World Heritage milik UNESCO karena di Asia Tenggara fenomena ini hanya ditemukan di Yogyakarta. Pernah lihat film Perempuan Berkalung Sorban bukan? Salah satu scenenya menyambil lokasi di Gumuk Pasir Parangkusumo. Juga sejumlah penyanyi seperti Agnes Mo dan group band Letto juga mengambil tempat syuting video klip di sini. Sejumlah pasangan juga kerap menggunakan Gumuk Pasir Parangkusumo sebagai lokasi foto prewedding mereka. Dan jelang musim haji tempat ini juga digunakan sebagai area manasik haji sebagai perumpamaan padang pasir Arab.

pintu masuk ke gumuk pasirBukan hanya pemandangan gurun pasir yang luas yang membuat tempat ini mirip padang pasir di Timur Tengah namun juga suasana dan suhunya yang ekstrim. Rasakan panas matahari yang begitu menyengat di malam hari dan udara yang dingin di malam hari. Namun kita masih bisa melihat pemandangan hijau dari kejauhan. Gumuk Pasir Parangkusumo juga kerap sebagai tempat bermain sandboarding dengan meluncur dari ketinggian 20 meter sejauh 200 meter. Untuk bisa menikmati aktivitas ini travelers hanya perlu membayar Rp 200.000/ orang untuk bermain selama 2 jam. Tak hanya mendapatkan papan seluncur, namun travelers juga akan mendapatkan pengaman siku dan lutut serta helm. Untuk tiket masuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo hanya Rp 3.000/ orang. Gimana travelers, seru dan gak kalah dengan gurun pasir di Timur Tengah bukan? Dan yang pasti low budget banget. Yuk dah buruan dateng aja ke Gumuk Pasir Parangkusumo, gak jauh kok dari Pantai Parangtritis 😉

Refrensi:

Indahnya Gumuk Parangkusumo, Padang Pasirnya Kota Yogyakarta

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *