Gunongan, Bukti Cinta Kasih Sultan Iskandar Kepada Putri Pahang

Share Button

gunonganKalau di India ada Taj Mahal yang menjadi bukti cinta Sultan Shah Jehan untuk istrinya Mumtaz Mahal yang meninggal ketika melahirkan anak ke-14 mereka. Indonesia pun tak kalah loh travelers. Ada salah satu sultan yang begitu jatuh cinta dengan istrinya hingga ia membangun sebuah taman yang indah, yang dikenal dengan nama Gunongan untuk istrinya bersantai.

Kisah ini ada di kota Serambi Mekah, Aceh, yakni cinta antara Sultan Iskandar Muda kepada sang permaisuri, Putri Kamaliah atau yang juga dikenal dengan nama Putroe Phang dari Kerajaan Pahang, Malaysia. Sejak penaklukan Kerajaan Pahang, sang sultan pun dengan segera memboyong sang putri ke Aceh untuk dijadikan istri. Pembangunan Gunongan ini bahkan lebih dahulu dibandingkan dengan pembangunan Taj Mahal. Jadi kalau ngaku cinta Indonesia mending eksplore dulu deh negeri sendiri baru setelah itu nyebrang ke negeri orang.

gunongan tempo duluDalam ceritanya disebutkan bahwa Putroe Phang atau Putri Pahang merasa rindu dengan tanah kelahirannya setelah tinggal di Aceh.

Untuk menghibur sang permaisuri maka sang sultan yang berkuasa sejak tahun 1607-1636 itu pun mengabulkan permintaan istrinya untuk dibuatkan bangunan yang megah dan indah yang menyerupai bukit-bukit yang ada di tanah Pahang.

Bangunan ini pun disebut dengan Gunongan yang diambil dari Bahasa Aceh yang berarti gunung. Lokasi Gunongan berada di belakang kompleks Kesultanan Darud Donya sehingga kala sang sultan sibuk dengan urusan pemerintahan sang permaisuri bisa menghibur diri di Gunongan sekaligus mengobati kerinduannya akan tanah kelahirannya.

Gunongan ini sendiri terdiri atas tiga tingat dan tingginya mencapai 9,5 meter. Di atas puncaknya terdapat bangunan yang menyerupai bentuk bunga yang sedang mekar. Kabarnya puncak ini merupakan lambang dari ketulusan cinta sang sultan untuk istrinya.

gunongan2Sayangnya kini bangunan Gunongan sudah tak seperti dulu lagi. Selain karena faktor alam, bangunan ini juga rusak karena serangan Belanda pada masa itu.

Di dalam Gunongan dahulunya terdapat taman bernama Taman Ghairah dengan aliran air sungai Darul Asyiqi di dalamnya.

Ada pula kandang yang menjadi makam menantu Sultan Iskandar Muda, yakni Sultan Iskandar Tani. Juga ada tempat jamuan makan siang untuk raja, putri, orang istana, dan juga rakyat. Namun beberapa dari bangunan tersebut kini sudah tidak utuh lagi.

Untuk menjelajah pada masing-masing tingakat Gunongan terdapat tangga yang hanya bisa dilalui untuk satu orang. Sementara pada lorong-lorong bangunan berbentuk oktagonal tersebut dialasi dengan rerumputan. Dinding-dindingnya berbentuk kelopak bunga yang dihiasi dengan bunga pada bagian ujungnya. Dari atas Gunongan ini, travelers bisa menikmati pemandangan keseluruhan area Gunongan. Karenanya wajar jika tempat ini dahulunya menjadi favorit sang putri untuk bersantai.

gunongan1Pintu masuk Gunongan memiliki bentuk seperti jangkar kapal sebagai perlambangan bahwa Sultan Iskandar Muda adalah seorang pelaut yang handal.

Pintu masuk ini dikenal dengan nama Pinto Tangkop yang memiliki bentuk lebih rendah sehingga untuk memasukinya harus menunduk. Hal ini memiliki filosofi tersendiri bahwa sebagai manusia harus memiliki rasa hormat dan merendah.

Tak jauh dari Gunongan, tepatnya di sisi kiri depan, terdapat undakan dengan cekungan di bagian tengahnya. Undakan dengan bentuk meyerupai kelopak bunga ini dihiasi dengan sejumlah ukiran. Di sini pula tempat penobatan sultan dilakukan. Gunongan bisa jadi hanya satu-satunya tempat yang tidak dibabat habis oleh Belanda kala menyerang Kesultanan Aceh Darussalam. Karena kabarnya tempat ini dahulunya digunakan oleh Belanda untuk bersenang-senang.

taman gunonganMengunjungi Gunongan, travelers tidak hanya bisa menyaksikan kesucian cinta sultan namun juga bisa belajar sejarah sekaligus belajar ilmu-ilmu tentang kehidupan, kesetiaan, cinta yang tulus, dan juga kekuasaan serta keserakahan.

Untuk senantiasa menjaga bangunan Gunongan tetap berwarna putih bersih, setiap bulan Juli ada tradisi untuk mengecat bangunan ini sehingga tetap terawat dengan baik sebagaimana cinta Sultan Iskandar yang begitu terawat terhadap permaisurinya, Putri Pahang.

Belibur ke Gunongan, paling enak gabung dengan Wisata di Banda Aceh, biar gak ribet mikir transportasi, pemandu, dan juga akomodasi. Yuk jelajahi Serambi Mekah 🙂

Refrensi:

  • https://www.facebook.com/SejarahAceh/posts/10152022673141791:0
  • http://www.thearoengbinangproject.com/gunongan-banda-aceh/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *