Gunung Dempo, Sumatera Selatan

Share Button

Gunung Dempo adalah gunung yang berada perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu. Berdiri 3195 meter di atas pemukaan laut. Gunung Dempo sendiri merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Terletak di Kabupaten Pagar Alam, seperti namanya sendiri Pagar Alam yang berarti tempat ini dikelilingi perbukitan dan pegunungan. Perjalanan menuju gunung ini tidak membosankan karena anda akan dimanjakan denagn pemandangan tebing dan lembah yang sangat indah dengan udara yang sejuk. Sebuah perkebunan the luas akan menyapa anda ketika samapi di Gunung Dempo.
Tidak ada yang menandingi suasana indahnya keberhasilan jika anda sudah mencapai puncak gunung ini dengan menikmati kawahnya yang masih mengepul dan masih aktif. Selain pemandangannya yang dapat anda nikmati adalah sisa-sisa budaya prasejarah seperti ukiran batu dalam bentuk manusia, hewan dan lainnya yang tersebar di sepanjang lereng Gunung Dempo. Di dalam Pagar Alam juga terdapat pasar tradisional yang menjual berbagai barang lokal seperti the, kopi, buah-buahan atau pun lainnya yang bisa anda kunjungi.
Meski gunung ini cukup tinggi tetapi air jernih yang ada terdapat hanya setengah perjalanan ke gunung sehingga para pendaki tidak perlu khawatir jika kehabisan air minum selama perjalanan. Karena ada sebuah sungai kecil yang airnya sngat jernih mengalir di perbatasan hutan dan itu pertanda juga kalau anda sudah mulai memasuki daerah hutan yang ditumbuhi dengan tumbuhan yang mirip dengan tumbuhan yang ada di hutan Montana. Jalan setapaknya yang penuh dengan akar-akar yang melintang dengan kemiringan lerengnya yang cukup curang. Keadaan hutan ini hampir homogeny dan sangat hening.
Sekitar lima jam kemudian anda akan memasuki daerah dengan vegetasi tumbuhan yang berpohon rendah dan semakin rendah, beberapa daerahnya agak terbuka dan pandanganpun menjadi luas. Gunung Dempo sendiri memiliki dua puncak. Punak pertama ditumbuhi tanaman yang rendah dan mirip perdu. Dari puncak pertama ini anda harus turun kembali ke lembah yang diapit oleh puncak pertama dan puncak utama. Di lembah ini terdapat sebuah sumber mata air yang mengalir. Pendakian ke puncak utama tidak terlalu sulit meskipun lerengnya terdiri dari kerikil dan batu-batuan namun masih cukup stabil untuk didaki. Puncak utama Gunung Dempo merupakan kawah gunung berapi yang masih bergejolak dengan diameter sekitar seratus meter persegi. Dinding kawah ini cukup terjal dan tidak mungkin bisa dituruni tanpa bantuan tali menali. Pemandangan dari puncak cukup mengasikkan. Perjalanan turun hanya memakan waktu dua jam saja. Namun bila anda kemalaman anda bisa menginap di rumah warga sekitar atau jika ingin mencari hotel terdekat bisa seperti:

Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Dempo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *