Gunung Kawi, Malang

Share Button

Gunung Kawi merupakan gunung berapi di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Butak. Letaknya di sebelah barat Kota Malang yang merupakan obyek wisata dan perlu dikunjungi karena keindahan dan keunikannya. Di sini anda akan menemukan suasana gunung yang sepi tetapi justru anda akan disuguhi sebuah pemandangan yang mirip di negeri tiongkok jaman dahulu. Di sepanjang jalan anda akan menemui bangunan-bangunan dengan arsitek khas Tiongkok dimana disini pula terdapat sebuah kuil/klenteng tempat untuk persembayangan atau untuk melakukan ritual khas Kong Hu Cu. Biasanya orang-orang Tionghoa mengunjungi wisata ini pada hari-hari tertentu untuk melakukan ritual keagamaan seperti memohon keselamatan. ci suak, giam cid an lain sebagainya. Namun tidak jarang pula yang hanya sekedar melepas lelah saja. Ada banyak hal lainnya yang berhunbungan dengan kepercayaan yang dapat anda temukan di Gunung Kawi ini seperi sebuah pohon yang konon dipercayai bila anda kejatuhan buahnya maka anda akan mendapatkan rejeki. Pada malam-malam tertentu akan ada banyak sekali orang yang duduk di bawah pohon ini. Selain pohon,juga terdapat makam Mbah Djoego, seorang pertapa pembantu Pangeran Diponegoro yang saat ini makamnya masih dijaga penduduk setempat.
Di dalam bangunan makam, pengunjung tidak diperbolehkan memikirkan sesuatu yang tidak baik serta harus dalam keadaan suci karena disini terdapat symbol bahwa pengunjung harus suci lahir dan batin sebelum berdoa. Selain pesarean sebagai focus utama pengunjung terdapat pula tempat lain yang dipercayai mempunyai kekuatan magic seperti:

  • Rumah Padepokan Eyang Sujo, di tempat ini terdapat beberapa peninggalan yang dikeramatkan milik Eyang Sujo antara lain seperti bantal dan guling yang berbahan batang pohon kelapa serta tombak pusaka semasa perang Diponegoro.
  • Guci Kuno, yang merupakan barang peninggalan Eyang Jugo yang jaman dulu dipakai untuk menyimpan air suci untuk pengobatan. Masyarakat sering menyebutnya dengan nama janjam. Guci kuno ini sekarang diletakkan di samping kiri pesarean. Masyarakat meyakini jika minum atau cuci muka air ini maka anda akan menjadi awet muda.
  • Pohon Dewandaru, dipercayai mendatangkan keberuntungan. Pohon ini disebut dewandaru karena termasuk pohon kesabaran.

Konon barang siapa yang melakukan ritual disini dengan penuh kepasrahan dan pengharapan yang tinggi maka akan terkabul semua permintaannya. Namun ini hanya mitos dan sebagian orang saja yang mempercayainya. Tidak ada persyaratan khusus untuk berziarah ke tempat ini hanya dengan membawa bunga sesaji dan menyisipkan uang secara sukarela.Di sepanjang jalan menunju menuju Gunung Kawi terdapat banyak penginapan yang disediakan oleh warga setempat atau jika anda ingin di hotel, anda bisa lebih ke kota Malang lagi dan menginap di hotel berbintang seperti:

 

Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kawi
  • http://juragansejarah.blogspot.com/2012/06/misteri-gunung-kawi-jawa-timur.html

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *