Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Share Button

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Jawa Barat, terletak sekitar 30 km ke arah utara dari Kota Bandung. Gunung Tangkuban Perahu ini mempunyai ketinggian sekitar 2.084 meter di atas permukaan laut. Dan sampai sekarang gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Nama Gunung Tangkuban Perahu ini berasal dari bahasa Sunda yang berarti perahu terbalik. Dinamakan Tangkuban Perahu karena bentuknya yang memang seperti perahu yang terbalik. Tidak seperti gunung-gunung lain yang biasanya berbentuk kerucut, gunung ini berbentuk rata atau datar dan memanjang pada bagian atasnya.

tangkuban perahu
tangkuban perahu

Nama dan bentuk gunung ini sangat berkaitan erat dengan legenda masyarakat Bandung yang terkenal dengan Legenda Sangkuriang. Dimana Sangkuriang adalah seorang pemuda yang jatuh cinta kepada Dayang Sumbi yang ternyata adalah ibunya sendiri, yang telah lama ditinggalkan.

Di akhir cerita Legenda ini, Sangkuriang murka karena tidak bisa menyelesaikan tugas membuat perahu dalam semalam, yang disyaratkan oleh Dayang Sumbi, karena tidak mau menerima cinta dari Sangkuriang. Dalam kemurkaan inilah, Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya hingga terbalik dan kemudian konon menjadi Gunung Tangkuban Perahu ini.

Di sini anda dapat melihat keindahan sepuluh kawah yang letaknya berdekatan, yakni Kawah Ratu yang merupakan kawah paling besar, Kawah Upas, Kawah lanang, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Domas, Kawah Jarian dan Pangguyangan Badak.

kawah ratu
Kawah Ratu

Kawah-kawah ini mengeluarkan asap belerang yang menguap keluar dari sela-sela bebatuan yang berada di bagian bawah kawah. Selain itu gunung ini juga tampak asri karena di lereng gunung tersebut terhampar kebun teh yang sangat luas.

Dari puncak gunung ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam dan kesejukan udara sambil melihat suasana Kota Bandung dari ketinggian.

Jika anda berkunjung ke Bandung, luangkan waktu anda untuk mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu. Udara yang sejuk, pemandangan yang indah, semuanya akan membuat anda puas. Mengunjungi Tangkuban Perahu berarti anda telah menikmati wisata alam sekaligus wisata legenda.

Dan jika anda mencari hotel di Bandung untuk menginap, berikut ada beberapa daftar hotel dari mulai yang murah sampai yang mahal :

 

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.